Tahu Khasiat Segelas Teh Susu Bagi Tubuh? Nggak Cuma Enak

Tandaseru – Siapa yang tidak tahu minuman yang memiliki cita rasa manis dan legit ini? Hampir semua orang menyukainya, tapi ada yang tahu khasiat teh susu bagi kesehatan?

Teh memang dipercaya sebagai minuman antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker. Bukan itu saja, teh juga sudah jadi minuman herbal sejak ribuan tahun lalu.

Minuman yang memiliki beragam khasiat ini awalnya dikembangkan oleh masyarakat Tionghoa. Bahkan di Tiongkok kegiatan meminum teh dijadikan tradisi.

Kekayaan khasiatnya juga sudah terbukti dari banyak penelitian. Itu sebabnya, teh disukai untuk minuman sehat sehari-hari. Tak jarang pula teh dicampur dengan susu, gula hingga buah-buahan untuk memperkaya rasa.

Melansir dari Livestrong, teh dan susu keduanya memiliki manfaat bagi tubuh. Dr. Grace Judio-Kahl, MSc, MH, CHT, DIPL. AAAM pun mengatakan, semua yang masuk ke tubuh akan terserap manfaatnya.

“Memang banyak yang bilang kalau dinikmati saat hangat itu baik. Namun, semua manfaat teh, walau pakai es, selama masuk dalam tubuh, manfaatnya tetap masuk,” jelas dokter Grace dalam acara Jakarta Food Editors Club 2019 oleh Unilever Indonesia (30/4).

Khasiat teh susu yang pertama mengurangi stress!

Untuk khasiat yang pertama ini mungkin jadi khasiat yang dampaknya bisa secara langsung terasa usai mengonsumsi teh susu.

Seperti dilansir dari organicfacts.net, teh dan susu punya sifat yang menenangkan dan mampu membantu mengurangi stress. Di dalam buku Psychopharmacology terbitan 1997, menemukan jika teh mampu melepas endorfin dan menormalkan kadar hormon stress lagi.

Ilustrasi

Mengobati penyakit kronis

Tidak hanya stress yang bisa diatasi, karena teh kaya akan antioksidan, seperti katekin dan antioksidan lainnya, maka teh memiliki peran untuk membantu mencegah penyakit kronis serta efek negatif akibat stress.

Hal tersebut telah diteliti dalam buku Food Chemistry tahun 2006. Buku tersebut memperlihatkan pada beberapa jenis antioksidan jumlahnya memang menurun akibat teh yang dicampur dengan susu.

Tetapi bukan berarti hilang, antioksidan dalam teh masih bisa diserap oleh tubuh hanya saja jumlahnya yang tidak maksimal seperti meminum teh tanpa campuran.

Menurunkan berat badan

Mengonsumsi teh mampu meningkatkan metabolisme tubuh, hal itu membantu untuk mengurangi jumlah kalori yang memengaruhi berat tubuh.

Menurut jurnal terbitan PubMed tahun 2004, teh hijau mampu mengatur jumlah kalori dan lemak tubuh, oleh sebab itu berat badan secara perlahan bisa menurun.

Agar Anda tak menambah lemak saat meminum teh susu, maka gunakanlah susu kedelai atau susu almond yang rendah lemak sebagai campuran. Jadi Anda bisa menikmati teh susu tanpa takut tambah gemuk.

Teh susu menguatkan tulang

Ternyata menambahkan susu dalam segelas teh, sama dengan menambahkan jumlah mineral yang mampu menjaga kesehatan tulang.

Susu memang dikenal dengan khasiat yang baik bagi tulang karena mengandung kalsium. Terutama bagi mereka yang sudah berusia senja, maka mengonsumsi susu mampu membantu mencegah penyakit osteoporosis.

Merawat penampilan kulit

Khasiat teh susu yang terakhir ini bukan untuk diminum, teh juga kerap dicampurkan untuk produk perawatan kulit tubuh dan wajah.

Hal itu karena, teh tinggi antioksidan serta senyawa polifenol yang mampu mengurangi efek buruk dari paparan radikal bebas.

Tidak itu saja, teh dipercaya mampu mencegah penuaan dini, memperlambat timbulnya garis halus di wajah, kerutan serta noda bekas luka.

Nah, banyak bukan khasiat teh susu yang bisa Anda dapatkan? Jadi anggapan teh yang dicampur dengan bahan lainnya itu akan buruk bagi kesehatan tidak sepenuhnya benar.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait