Khofifah Siapkan Kartu PKH untuk Lansia Jawa Timur

Tandaseru – Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parwansa mengaku telah menyiapkan program khusus, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH) Plus bagi warga tidak mampu yang usianya di atas 70 tahun atau lansia.

Selain menyisir para lansia, PKH Plus juga akan menyentuh para penyandang disabilitas berat. “Dua kelompok ini (lansia dan disabilitas) memang sudah ada di program pemerintah pusat, namun harus diintegrasikan juga oleh sistem yang ada di kabupaten/kota dan provinsi,” kata Khofifah, Minggu (27/5/2018).

Khofifah mengatakan, banyak lansia yang belum tersentuh PKH karena kuota pusat yang masih minim. “Kuota nasional itu 10 juta. Warga miskin di Jatim ada 4 juta keluarga, dan yang tercover hanya 1,5 juta,” rinci Khofifah.

Khofifah juga menegaskan, program Jatim Sejahtera ini perlu diinformasikan ke masyarakat. Maka, kampanye paling efektif menurut Khofifah adalah di pasar karena menjadi tempat berinteraksinya masyarakat (meet the people).

Para pedagang pasar, lanjutnya, nantinya akan banyak membantu penyampaian program lewat pelanggan yang biasa berinteraksi dengan mereka.

“Sebagian besar penjual di pasar ini adalah ibu-ibu. Mereka banyak yang cerita kalau tidak karena jualan, mereka tidak akan bangun tengah malam, jam satu dinihari, jam tiga dinihari sudah di pasar,” ucap Khofifah.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait