KKP dan Bakamla Dapat Disclaimer dari BPK, Presiden: Tahun Depan Diperbaiki

Tandaseru – Dua kementerian/lembaga (K/L) memperoleh opini Tidak Menyatakan Pendapat (TMP) atau disclaimer, yaitu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Badan Keamanan Laut (Bakamla) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK).

“Yang masih mendapatkan WDP dan TMP perlu melakukan terobosan-terobosan, upaya-upaya sehingga tahun ini lebih bagus lagi, dan juga saya minta untuk koordinasi dalam penyelesaian beberapa temuan BPK yang tadi disampaikan,” tutur Presiden Jokowi.

Presiden menyampaikan hal tersebut saat acara Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2017, di Istana Negara, Jakarta, Senin (4/6) pagi.

Presiden berharap tahun depan bisa diperbaiki sehingga tidak ada lagi yang TMP/Disclaimer atau WDP, semuanya WTP. Presiden melihat ada peningkatan jumlah entitas pemeriksaan yang mendapatkan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

“Tahun 2016 yang WTP ada 74, sekarang yang pada 2017 menjadi 80. Kemudian juga, yang WDP (Wajar Dengan Pengecualian) tahun 2016 ada 8, pada 2017 tinggal 6, masih 6 dan yang mendapatkan TMP (Tidak Menyatakan Pendapat) atau Disclaimer menurun, 2016 ada 6, 2017 masih ada 2,” ujar Presiden.

Presiden menegaskan, dirinya tidak akan bosan mengingatkan, supaya semuanya benar-benar memperbaiki, membenahi, menjaga, dan memaksimalkan pengelolaan keuangan negara, keuangan rakyat ini.

Kumpulan Berita Terkait