KM Fungka Permata V Terbakar di Laut Balut, 10 Penumpang Tewas

Tandaseru – Kapal Motor (KM) Fungka Permata V yang mengangkut 127 penumpang dan ABK terbakar di perairan Kabupaten Balut, Sulawesi Tenggara, pada Jumat (14/9/2018) sekitar pukul 16.45 WITA.

Dalam musibah itu, sedikitnya 10 penumpang dilaporkan meninggal dunia, terdiri dari 8 orang dewasa dan 2 balita. Informasi dari penumpang terakhir yang dievakuasi menyebutkan, 10 orang masih berada di tengah laut dan belum dievakuasi. Mereka bertahan dengan berpegangan pada serpihan kayu kapal yang terbakar.

Keterangan dari staf Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Banggai Kab. Balut mengungkapkan, hingga Sabtu (15/9/2018) pukul 03.15 WITA, 117 penumpang dan ABK yang selamat dan 10 penumpang meninggal dunia telah dievakuasi ke Desa Togong Sagu, Kec. Bangkurung, Kab. Balut, oleh masyarakat setempat bersama tim gabungan.

Sebanyak 117 penumpang yang selamat sebagian besar mengalami trauma akibat tenggelam dan sebagian lagi luka bakar.

Untuk sementara, jenazah korban diletakkan di SD Desa Togong Sagu dan sebagian penumpang yang selamat mendapatkan pertolongan dari warga setempat serta petugas kesehatan.

Tim gabungan selanjutnya membawa para korban dari Desa Togong Sagu ke Banggai pada Sabtu sekitar pukul 05.00 WITA yang memakan waktu perjalanan sekitar 4 jam dengan speedboat.

Berdasarkan data manifest dari Pelabuhan Murhum Bau-Bau jumlah penumpang KM Fungka Permata V tercatat 87 orang dan dari Pelabuhan Raha Kab. Muna sebanyak 4 orang, sehingga total penumpang 91 orang ditambah ABK 10 orang atau berjumlah 101 orang.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -