Kolesterol Tinggi? Hindari Makanan Lezat Ini!

JAKARTA (!) – Makanan yang mengandung kolesterol tinggi sebaiknya dihindari atau diminimalkan konsumsinya, meski pun makanan itu terasa lezat.

Kolesterol tinggi biasanya ditunjang dari makanan yang mengandung lemak jenuh, berminyak dan memang memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

Berikut makanan lezat yang harus dihindari ketika kolesterol mulai tinggi.

Kuning Telur

Kuning telur memang mengandung lemak yaitu sekitar 3,5 gram per butir. Sementara kandungan kolesterol sebutir telur 180-200 mg, sedangkan jumlah kolesterol yang dibutuhkan tubuh 300-350 mg per hari.

Jadi tidak ada masalah jika mengkonsumsinya satu atau dua butir telur dalam sehari karena masih dalam batas aman. Hindari makan telur yang berlebih ya.

Kerang

Kerang termasuk hidangan yang banyak dipesan restoran karena kelezatannya. Makanan laut ini mengandung kolesterol 160 mg, namun kadar lemak total maupun lemak jenuhnya rendah.

85 gram atau sekitar 15 kerang hanya memberikan 166 miligram kolesterol, jadi jangan konsumsi berlebihan ya.

Baca Juga:

Mentega

Mentega membuat cita rasa makanan lebih terasa nikmat dan gurih, namun ada kandungan lemak trans dan sodium tinggi dalam mentega olahan, yang bisa meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Daging Merah

Daging merah dengan kandungan lemak hewan jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol. Jika ingin mengkonsumsi daging, maka sebaiknya memilih daging yang bebas lemak ya.(put)

 

Kumpulan Berita Terkait