Kominfo Dukung Penuh Fasilitas Peliputan Asian Para Games

Tandaseru – Kementerian Komunikasi dan Informatika menyediakan fasilitas peliputan bagi seluruh jurnalis dalam rangkaian acara Asian Para Games 2018. Fasilitas tersebut terpusat di Main Press Center (MPC), Lantai Dasar GBK Arena di Kawasan Senayan, Jakarta Selatan.

Ada fasilitas peliputan dan pelayanan penyiaran yang bisa digunakan jurnalis media elektronik. Tercatat, jumlah wartawan yang sudah mendapat tanda pengenal di MPC hingga saat ini berjumlah sekitar 953.

“Teman-teman semua, dalam rangka perhelatan Asian Para Games, ini sama dengan Asian Games, tidak jauh berbeda, infrastrukturnya persis sama, baik berupa perangkat maupun dari sisi jaringannya secara fisik adalah sama,” ujar Rudiantara dikutip dari lama resmi Kemenkominfo, Rabu (10/10/2018).

Mengenai kapasitas bandwidth akses internet, menurut Rudiantara, dalam Opening Ceremony Asian Para Games 2018, Sabtu (06/10) lalu, telah disediakan wifi yang baik koneksinya. “Karena apa? Selain bandwith yang besar, khusus untuk Main Press Center (MPC) di GBK Arena, disediakan 2 x 10 Gbps bandwith. Jadi, siapapun bisa memanfaatkan kapasitas internet yang cukup besar,” jelas Rudiantara.

Kementerian Kominfo telah menyediakan sekitar 150 komputer yang bisa digunakan oleh jurnalis dari dalam dan luar negeri. Dari total tersebut, 50 komputer sudah terkoneksi langsung dengan kabel LAN. Kecepatan koneksinya mencapai 1 Gbps.

Untuk memudahkan koneksi internet juga telah disediakan 15 titik akses poin di area MPC. Ada pula fasilitas difable working area atau area kerja khusus difabel serta dua titik akses poin masing-masing di ruangan Press Conference dan Dinning Room.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait