5 Kondisi Kesehatan Miss V yang Perlu Diketahui, Jangan Panik!

Tandaseru – Merawat kondisi miss V memang tidak mudah. Untuk itu sebaiknya Anda para wanita tahu kondisi kesehatan miss V dan bisa membedakan mana yang berbahaya dan tidak!

Agar miss V tetap prima, tentu para wanita ingin merawat miss V sebaik mungkin. Tapi hal itu tidak mudah, karena beberapa tindakan seperti waxing dapat menimbulkan iritasi pada kulit miss V.

Apalagi jika Anda salah menggunakan produk pencuci daerah intim atau tidak cocok, pasti akan membuat kesehatan daerah kewanitaan Anda terganggu.

Timbul bintik-bintik gatal dan kondisi lainnya bisa saja terjadi, mulai dari yang wajar hingga yang membahayakan. Menurut Sherry A. Ross, MD, pengarang buku She-ology: The Definitive Guide to Women’s Intimate Health, terdapat 5 kondisi miss V yang kerap dialami oleh wanita, apa saja itu?

Bintik jerawat di sekitar area intim salah satu kondisi kesehatan miss V!

Termasuk kondisi kesehatan yang wajar atau berbahaya jika ada bintik merah seperti jerawat di sekitar daerah intim Anda? Punya nama ilmiah Syringoma, bintik itu tercipta akibat saluran keringat di kulit yang tersumbat.

Bukan hanya di sekitar miss V, bintik tersebut juga bisa ditemukan di daerah tubuh lain seperti perut, tangan dan dada. Sherry menyarankan agar membiarkan bintik tersebut sembuh sendiri. Tapi dibantu dengan pemakaian celana dalam berbahan nyaman dan menyerap keringat.

Tanda Miss V BermasalahBenjolan dekat mulut miss V

Untuk kondisi satu ini kadang membuat takut, karena benjolan tersebut dapat menimbulkan rasa sakit. Sherry mengungkapkan, benjolan tersebut adalah Bartholinitis yang timbul akibat saluran miss V mengalami penyumbatan.

Sekalipun nampak menakutkan, cara merawatnya mudah. Cukup dengan mengompres bagian yang benjol tersebut menggunakan air hangat atau bisa juga mandi di hot tub.

Saat benjolan tersebut sudah menyebabkan rasa sakit ketika buang air kecil, maka ada baiknya Anda segera meminta pertolongan pada dokter obgyn atau SpOG.

Luka lecet berisi nanah

Ketika menemukan kondisi tersebut jangan sekali-kali mencoba memencetnya. Luka semacam itu kemungkinan besar muncul akibat mencukur bulu-bulu halus pada daerah intim dengan menggunakan alat cukur yang tak higienis atau bersih.

Sebagai penanganan pertama di rumah, bisa dengan mengompresnya menggunakan air hangat agar segera pecah. Tapi, jika luka tersebut masih ada sampai 2 minggu dan jadi bertambah besar, sangat disarankan untuk segera ke dokter spesialis.

Cara Bersihkan Miss VRambut yang tumbuh ke dalam

Hal ini mungkin jadi kondisi kesehatan miss V yang dialami wanita yang rajin melakukan waxing pada daerah intim. Karena Anda bisa menemukan benjolan berisi rambut.

Sebagai bentuk pencegahan, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan miss V sebelum dan sesudah waxing. Bisa juga dengan menggosok kulit sekitar miss V menggunakan loofah untuk mencegah kondisi tersebut.

Bintik hitam di area intim

Untuk kondisi yang terakhir ini tak membahayakan. Karena bintik hitam seperti tahi lalat yang ada di daerah miss V punya sifat seperti tahi lalat di tubuh.

Para ahli memberinya nama benign mole, tapi jika warnanya cenderung kemerahan dan terasa gatal, itulah tanda Anda harus segera periksa ke dokter spesialis.

Nah, semakin paham bukan tentang kondisi kesehatan miss V yang berbahaya dan tidak? Sekarang jadi tidak perlu bingung lagi saat menemukan kejanggalan pada miss V Anda.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait