Terkenal Super Bersih, Jepang Juga Punya Kota Terkumuh Loh, Percaya?

Tandaseru – Jepang terkenal jadi negara yang selalu bersih. Tapi ada yang aneh, ternyata ada kota terkumuh di Jepang yang mungkin belum banyak yang tahu faktanya!

Kedisiplinan para penduduknya membuat Jepang kerap dijadikan contoh bagi negara lainnya. Persoalan sampah pun patut diacungi jempol. Dari kebersihan dan kemewahan Jepang, ternyata ada daerah yang memang jadi lokasi super kotor di Jepang, yaitu Kamagasaki yang sangat jarang didengar.

Kamagasaki jadi kota terkumuh di Jepang loh!

Jika banyak yang tahu, Jepang sebagai salah satu negara yang paling menjaga kebersihan, tapi ternyata di balik itu, ada daerah yang mungkin tidak banyak yang tahu sebagai lokasi paling kumuh di sana.

Penduduk Jepang sangat terkenal rajin serta disiplin, terutama soal sampah. Wisatawan asal Jepang yang sedang melancong di luar negaranya saja suka untuk menjaga kebersihan.

Tapi siapa sangka, daerah bernama Kamagasaki memiliki tampilan yang sangat bertolak belakang dengan pemikiran banyak orang tentang Jepang selama ini.

Bahkan, kota Kamagasaki dianggap sebagai sisi lain dari Jepang, yang terdapat banyak sampah, penduduk kumuh sekaligus bangunan-bangunan yang tak terawat. Berlokasi di Osaka, daerah tersebut jarang dikunjungi orang, bahkan tak punya penunjuk jalan jelas.

Tidak masuk peta Jepang

Kamagasaki sebenarnya bukan benar-benar sebuah kota, tetapi akibat daerahnya luas jadi bisa disamakan dengan kota. Bahkan uniknya, kawasan tersebut tidak pernah ada pada peta Jepang.

Hal tersebut dilakukan Pemerintah Jepang, dengan adanya pertimbangan penting, mulai dari kebersihannya yang memang kurang baik sampai kehidupan dari masyarakatnya.

Jadi bagi mereka yang ingin ke sana, tidak bisa berpandu dari peta saja, melainkan keberadaannya bisa diketahui dari omongan, mulut ke mulut.

Kamagasaki sudah ada sejak 1922, tetapi pada 1966 daerah tersebut lebih dikenal dengan Airin-Chiku. Diperkirakan penduduknya ada 30.000 jiwa lebih yang hingga kini masih menetap di sana.

Banyak orang tak berprofesi tinggal di sana!

Jepang selain terkenal sebagai negara yang bersih, juga terkenal akan masyarakatnya yang pekerja keras. Akibatnya, banyak orang di sana yang punya pekerjaan yang lebih maju.

Tapi hal tersebut tak berlaku pada wilayah Kamagasaki. Jangankan pebisnis, yang ada di sana hanya pekerja kasar bahkan pengangguran.

Bukan hanya itu, orang-orang yang melarikan diri serta mereka yang berurusan dengan hukum pun memilih menetap di sana.

Jadi tidak heran jika banyak tuna wisma di pinggir jalan atau toko bersama sampah berserakan. Itulah yang wajar jika Kagamasaki disebut sebagai sisi lain dari Jepang.

Kerusuhan dan Yakuza juga ada!

Jangan kira kota tersebut menyimpan kekumuhan saja, tapi di sana juga banyak terjadi kriminalitas dan permasalahan rumit lainnya. Yang paling nampak di kawasan itu adalah Yakuza yang bahkan didirikan kantor khusus di sana.

Bukan itu saja, tingkat konsumsi alkohol pun tinggi, apalagi mayoritas penghuni di sana pria yang menjadikan Kagamasaki jadi lokasi yang tak aman bagi wanita.

Masalah kerusuhan memang sempat tercatat beberapa kali terjadi, seperti bentrokan dengan kepolisian setempat salah satunya. Tapi biarpun begitu, tidak serta merta tempat tersebut dianggap sangat buruk, justru warganya ramah serta pendidikannya cukup layaknya daerah Jepang yang lain.

Lepas dari itu, Kagamasaki jadi salah satu bukti, negera semaju Jepang sekalipun memiliki kemiskinan serta daerah kumuh yang bisa ditemui. Menurut Anda bagaimana kota terkumuh di Jepang tersebut?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait