Kota Tolitoli Dikepung Banjir, Polisi Bantu Evakuasi Warga

Tandaseru – Hujan deras yang melanda Kota Tolitoli, Sulawesi Tengah, pada Minggu (3/6/2018), mengakibatkan kota itu terkepung banjir di sebagian besar wilayahnya sejak sekitar pukul 16.00 Wita.

Menurut Kapolres Tolitoli AKBP Muh Iqbal Alqudusy, sedikitnya ada 23 titik genangan air dengan ketinggian 20-50 centimeter sehingga mengganggu aktivitas warga kota. Bahkan di Jalan Anoa, Kelurahan Tuweleai, genangan air mencapai setinggi dada orang dewasa.

Ratusan rumah penduduk dan bangunan sekolah serta fasilitas umum tergenang air, namun tidak ada korban jiwa.

kota tolitoli banjir
(istimewa)

Petugas kepolisian dikerahkan untuk membantu evakuasi warga serta membersihkan gedung sekolah dan fasilitas umum yang tergenang air agar bisa segera dimanfaatkan kembali. Hingga pukul 21.30 Wita, ketinggian air mulai surut tetapi masih banyak tempat yang tergenang air.

Iqbal mengatakan hujan deras yang mengguyur Kota Tolitoli menyebabkan drainase tidak dapat menampung air yang turun dari gunung sehingga meluap ke permukiman warga.

Selain hujan deras, katanya, air laut juga sedang mengalami pasang sehingga menambah parah genangan air. Dia mengimbau masyarakat tetap waspada banjir susulan karena hujan masih berpotensi turun lagi.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -