Tanda Seru
Cek Fakta Berita di Indonesia

KPAI Apresiasi Kinerja Polisi Ungkap Kasus Perdagangan Anak Jalanan

JAKARTA (!) – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengapresiasi kinerja Polres Metro Jakarta Selatan atas pengungkapan kasus trafficking anak jalanan yang dilakukan Warga Negara Asing (WNA).

“Kami sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Polres Metro Jakarta Selatan khususnya Kanit PPA yang telah berhasil membongkar dan mengungkap kasus kejahatan trafficking terhadap anak (jalanan),” kata Kepala KPAI Susanto di Polres Metro Jakarta Selatan, Rabu (03/01).

Susanto menyatakan pihaknya sudah mendalami kasus trafficking yang menyasar kepada anak jalanan ini. Menurutnya kasus ini merupakan modus baru trafficking anak.

“ini merupakan modus baru, jika dulu WNA sebagai pelaku kejahatan sering korbannya di area wisata, tapi tampaknya akhir-akhir ini anak jalanan menjadi sasaran objek trafficking anak,” ujar Susanto.

Susanto menekankan agar kasus ini dikembangkan secara baik, didalami secara baik agar pelaku utama dari kasus ini bisa terbongkar sampai akar-akarnya.

“Kami mendorong aparat penegak hukum agar memberikan pasal berlapis agar pelaku kejahatan trafficking ini benar-benar jera sekaligus memberikan proteksi kepada anak Indonesia,” pungkasnya.

Sebelumnya, kasus ini terbongkar saat Sat Reskrim Polres Metro Jaksel menangkap pelaku sindikat penjualan anak jalanan kepada WNA. Kedua korban berinisial N (13) dan J (11) adalah anak jalanan yang menjual tissu di kawasan Melawai, Jakarta Selatan.

Polisi juga telah berhasil menangkap Warga Negara Jepang Ando Akira (49) yang menjadi pelanggan (user) anak jalanan tersebut.