KPK Periksa 33 Saksi Kasus Korupsi Jambi

Tandaseru – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Pandjaitan mengungkapkan direncanakan sebanyak 33 saksi akan diperiksa terkait suap pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Jambi tahun anggaran 2017 dan 2018.

“Tadi sudah saya informasikan bahwa saat ini kita rencanakan 33 orang saksi akan diperiksa di Jambi, mungkin bisa jadi apakah semua benar-benar menerima aliran dana tersebut,” kata Basaria di Gedung KPK Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Basaria menambahkan, menurut informasi awal mereka akan diberikan Rp 200 juta. Sementara yang sudah dikembalikan dari 7 orang anggota DPRD yang ditampung oleh satu orang tersebut baru Rp 700 juta.

“Itu baru separuh, selain 7 tadi apakah akan kembalikan atau tidak nanti kita lihat perkembangannya,” terang Basaria.

KPK kembali menetapkan Gubernur nonaktif Jambi Zumi Zola sebagai tersangka. Zumi diduga memerintahkan anak buahnya mengumpulkan uang untuk diberikan kepada anggota DPRD Jambi.
Pemberian uang tersebut terkait dengan pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Jambi tahun anggaran 2017 dan 2018.

“KPK meningkatkan kembali satu perkara ke penyidikan dengan tersangka ZZ (Zumi Zola Zulkifli),” kata Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan di gedung KPK Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Kumpulan Berita Terkait