KPU: DPT Luar Negeri 2.025.344 Orang

Tandaseru – Ketua Kelompok Kerja Pemilu Luar Negeri Wajid Fauzi mengatakan, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di luar negeri akan terus diperbarui. Dia menyebut saat ini terdapat 2.025.344 DPT.

“Itu data kita per tanggal 16 September. Setelah itu, saat ini detik-detik ini masih diperbaiki,” kata Wajid di kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Minggu (7/10/2018).

Dia menjelaskan, data DPT pada 15 September 2018 berjumlah 2.049.791 dan dilakukan perbaikan. Ternyata ditemukan adanya data ganda pemilih.

Karena hal itu, Wajid menyatakan pihaknya akan terus melakukan perbaikan kembali pada 15 Oktober 2018.

“Pokja meminta mereka melaporkan, jadi bukan berarti tanggal 15 Oktober itu batas akhir. Satu bulan setelah dapat di KPU, kita minta mereka melaporkan yang terjadi, sebagai gambaran teman-teman itu data migran di luar negeri,” papar dia.

Wajid menambahkan, pendataan WNI sebagai DPT luar negeri mengalami beberapa kendala. Salah satunya, WNI yang bekerja dalam sektor rumah tangga. Sebab, pekerja tersebut sangat bergantung pada izin dari majikannya.

“Kalau majikannya baik, nggak cuma diantar. Dibawakan paspornya, perpanjang paspornya, dengan mereka seperti itu kita bersyukur sekali,” kata Wajid.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait