Enak Tapi Langka, Kue Lebaran ini Pasti Bikin Kangen Deh!

Tandaseru – Lebaran sebentar lagi, dan kue khas Lebaran seperti kastengel atau nastar akan banyak dijumpai di setiap rumah sanak saudara. Tapi tahu nggak sih ada sejumlah kue Lebaran langka yang saat ini sangat sulit ditemukan, apa saja ya?

Jika sudah terlalu biasa dengan kue Lebaran masa kini yang mudah dijumpai dan sering dijual di sejumlah toko kue atau mini market, beberapa jenis kue kering  di bawah ini mungkin bisa jadi sajian langka yang sulit ditemukan pada perayaan Idul Fitri.

Sagon jadi salah satu kue Lebaran langka loh!

Kue tradisional khas Lebaran ini berasal dari wilayah Jawa Tengah dan terbuat dari tepung sagu serta gula yang dipadatkan.

Kudapan ini selain untuk sajian Lebaran, kerap ditemui untuk dijadikan camilan sehari-hari. Penggunaan tepung sagu, dapat menghasilkan cita rasa manis legit dan lumer di mulut. Tapi, seiring banyak perubahan dalam tren kuliner, sagon jadi sulit dijumpai.

Satru 

Mungkin jika dilihat sekilas, bentuk dari kue satu ini menyerupai sagon, tapi perbedaannya terletak pada penggunaan kacang hijau yang sudah dihaluskan, gula serta ekstrak vanilla sebagai bahan utama.

Sekalipun teksturnya agak keras, tapi saat sudah digigit, maka perpaduan kacang hijau serta gula dapat menghasilkan tekstur yang lumer di mulut!

Unthuk Cacing 

Memang nama kue kering satu ini cukup mengerikan. Tapi tenang saja kue Lebaran asal Cilacap, Jawa Tengah ini tidak pakai cacing sungguhan dalam adonannya.

Sebutan cacing disebabkan oleh bentuk kue yang panjang serta berlilit menyerupai cacing. Rasanya seperti kue kering pada umumnya yang manis dan legit.

Unthuk cacing memang terbuat dari adonan tepung beras, mentega, gula, telur serta santan segar yang digoreng sampai berubah warna.

Grubi

Kue kering langka lainnya adalah grubi, kue yang terbuat dari ubi rambat yang diserut halus itu biasa dipadukan dengan lelehan gula.

Bukan hanya manis tapi sensasi renyah juga tercipta saat menyantap kudapan khas Lebaran ini. Sekalipun banyak anak-anak yang menyukainya, grubi seperti kue sebelumnya sudah muali sulit didapati.

Kembang goyang

Salah satu kue tradisional khas Betawi ini mungkin namanya kerap terdengar, tapi keberadaannya memang semakin jarang. Kembang goyang merupakan kue sederhana yang terbuat dari adonan tepung beras dan digoreng sampai keemasan.

Yang unik adalah pada proses pembuatannya, menggunakan cetakan besi berbentuk bunga yang dicelupkan dalam adonan. Lalu, adonan itu akan digoreng sambil digoyangkan pada wajan sampai kembang goyangnya terlepas dari cetakan.

Unik-unik kan kue Lebaran langka di atas, mungkin jika tidak ada lagi yang membuat atau menyajikan camian khas tersebut, kue-kue itu akan hilang ditelan zaman.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -