Cicipi Yuk, 4 Kuliner Khas Kota Kelahiran Cawapres Jokowi, Ma’ruf Amin!

Tandaseru – Kedua pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden sudah mendaftarkan diri, biar tambah kenal dengan salah satunya, yuk cicipi kuliner khas Tangerang tempat kelahiran Cawapres Jokowi!

Suasana pemilihan Presiden RI 2019, nampaknya sudah mulai terasa sejak pendaftaran kedua pasang Capres dan Cawapres Jumat, (10/9/2018) yaitu Joko Widodo dengan KH Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto dengan Sandiaga Uno.

Tapi ada yang berbeda, nama KH Ma’ruf Amin nampaknya jadi suatu hal yang baru dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden bahkan hampir tidak pernah diprediksi.

Untuk lebih mengenal KH Ma’ruf Amin yang menjabat sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) sekaligus Rais ‘Aam PBNU untuk periode 2015 sampai 2020 ini, yuk intip kuliner khas yang dapat dinikmati di kota kelahirannya di Tangerang.

Laksa Tangerang jadi salah satu kuliner khas Tangerang kota kelahiran KH Ma’aruf Amin!

Mungkin sudah banyak yang tahu soal laksa, tapi apa sudah pernah mencoba rasa laksa Tangerang? Memiliki tampilan tak jauh berbeda dengan laksa khas Melayu.

Bahan dasar dari laksa ini adalah mi putih dari beras namun punya ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan bihun.

Teksturnya pun lebih kasar dan tak terlalu lentur. Nikmatnya terletak pada kuahnya yang terbuat dari santan dan disajikan biasa dengan tambahan kacang hijau, irisan daun kucai serta suwiran daging ayam.

Nasi sumsum Tangerang

Kuliner satu ini memiliki tampilan seperti nasi bakar, namun yang membuat nasi sumsum Tangerang ini istimewa adalah sumsum yang dipakai dalam olahannya bisa sumsum sapi atau kerbau.

Bukan itu saja, cita rasa yang ditawarkan pun sangat khas akibat kehadiran rempah-rempah yang digunakan dalam bumbunya. Akan sangat cocok jika nasi sumsum dijadikan santapan makan siang.

Gecom

Makanan yang khas lainnya ini jika dilihat sepintas seperti pecel atau makanan tauge groeng biasa. Tetapi, aslinya gecom ini adalah singkatan dari tauge dan oncom.

Jadi seperti singkatannya, kuliner ini merupakan perpaduan antara tauge denga noncom yang semakin lengkap dengan diberi kecap khas Tangerang bernama kecap SH.

Sate dan Pindang Bandeng

Untuk kuliner satu ini memang cukup unik, Ikan bandeng jika biasa diolah hanya dipresto saja, ini dijadikan sate sebagai makanan khas dari Tangerang.

Tidak perlu khawatir untuk menyantap sate ikan bandeng ini, karena durinya memang sudah dibuang, jadi aman.

Sedangkan, pindang bandeng yang juga makanan khas kota Tangerang cita rasanya cenderung lebih segar akibat keberadaan asam jawa serta belimbing wuluh di dalamnya.

Nah, mau mencoba kuliner khas Tangerang yang mana nih agar lebih mengenal sosok Cawapres Jokowi?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -