Lagi, Tumblr Diblokir Kemkominfo

JAKARTA – Untuk kali kedua, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memblokir – Platform media sosial Tumblr, Senin (5/3/2018). Pemblokiran dilakukan karena microblogging tersebut tidak membersihkan konten-konten asusila di website-nya sampai batas waktu yang ditentukan.

Berdasar aduan masyaratakat, saat penelusuran, Tim aduan Kominfo menemukan lebih dari 360 akun asusila pada situs tumblr.com dan aplikasinya.

 

Tumblr juga tidak memiliki mekanisme dan report tools untuk melaporkan konten asusila. Tools ini umum dijumpai di media sosial untuk melaporkan ke pengelola medsos tersebut jika pengguna menjumpai konten yang tak pantas.

Email warning telah dikirimkan oleh Tim Aduan Konten pada 28 Februari 2018 lalu, dan meminta Tumblr untuk membersihkan platformnya dari konten-konten asusila. Dengan batas waktu penanganan maksimum 2 x 24 Jam.

Karena tidak ada respon hingga waktu yang diberikan, pada Senin sore (5/3) pemblokiran dilakukan terhadap delapan sistem penamaan domain (DNS) Tumblr.

 

Kumpulan Berita Terkait