Lautan Terdalam di Dunia ini Tingginya Menyamai Gunung Everest!

Tandaseru – Sebagian besar dari planet bumi terdiri dari lautan. Banyak sekali laut yang dilihat dari tingkat kedalamannya. Bahkan ada lautan terdalam di dunia yang tingginya menyamai gunung Everest loh.

Lautan sama halnya dengan daratan, hanya saja lautan tidak bisa diraih sehingga kita merasa lautan adalah dunia yang sangat menyeramkan.

Penasaran laut mana saja yang mendapat predikat terdalam? Simak yuk, berikut ini ada 5 lautan terdalam yang ada di dunia.

Lautan terdalam di dunia salah satunya Laut Meksiko

Lautan Terdalam di Dunia

Laut Meksiko memiliki nama lain yaitu teluk Meksiko. Laut ini memiliki titik terdalam yang bernama Sigsbee Deep, kedalamannya mencapai 4.384 meter.

Tetapi kedalaman rata-rata Laut Meksiko adalah 1.614 meter.

Laut Bering

Laut terdalam berikutnya yaitu Laut Bering. Laut ini berada di antara Rusia Timur dan Alaska. Laut Bering memiliki kedalaman rata-rata lebih dalam dari Laut Meksiko, yaitu 1.640 meter.

Sedangkan titik kedalamannya adalah 4.420 meter. Banyak makhluk hidup yang menguasai laut ini, beberapa diantaranya Paus Biru, Paus Bungkuk, dan paus lainnya.

Laut Tiongkok Selatan

Sudah tahu belum, Laut yang luasnya mencapai 3.500.000 km persegi ini ada di sebelah Utara Indonesia loh.  Bagian terdalam dari laut ini mencapai 5.016 meter.

Laut Tiongkok Selatan juga salah satu laut paling strategis untuk melakukan perjalanan pedagangan.

Bahkan pernah terjadi konflik karena lokasinya yang sangat strategis dalam jalur dagang internasional.

Laut Mediterrania

Banyak yang bilang Laut ini adalah danau. Sebab terhalang oleh dua benua yaitu Eropa Selatan dan Afrika Utara.

Meski begitu, kedalaman rata-rata Laut Mediterania mencapai 1.501 meter. Sedangkan, bagian titik terdalamnya mencapai 5.627 meter.

Laut Karibia

Nah, diantara laut-laut sebelumya, laut Karibia menjadi paling dalam. Lokasi laut ini diapit oleh Meksiko, Kuba, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Titik kedalaman laut Karibia mencapai 7.686 meter. Tak hanya itu, laut-laut ini menjadi tempat hidup 9 persen terumbu karang dunia loh.

Bisa dibayangkan, lautan terdalam di dunia ini dipenuhi dengan hewan-hewan seperti apa ya?

Kumpulan Berita Terkait