Pernah Tahu, Antara Beristighfar dan Bertasbih Mana Lebih Dahulu?

Tandaseru – Pernah nggak sih bertanya-tanya harus didahulukan yang mana antara bertasbih atau beristighfar? Agar lebih tahu lebih dulu beristighfar atau bertasbih, simak di bawah ini!

Jika Anda bertanya tentang hal tersebut, rupanya bukan hanya Anda, jauh sebelum itu ada seorang penulis banyak kitab yang bernama Ibnul Jauzi suatu waktu di beri pertanyaan oleh seseorang, tentang mana hal yang paling bagus dilakukan, antara membaca tasbih atau beristighfar.

Mau tahu jawaban dari lebih dulu beristighfar atau bertasbih?

Kemudian, Ibnul Jauzi pun menjawab dengan perumpamaan yang sangat indah yaitu “Baju yang kotor lebih membutuhkan sabun ketimbang parfum.”

Istighfar merupakan sabun bagi dosa dan juga kesalahan yang diperbuat oleh manusia. Sedangkan, tasbih merupakan parfum untuk mengharumkan kehidupan manusia.

Jadi jika bisa disimpulkan dari jawaban tersebut, maka manusia lebih membutuhkan istighfar untuk membersihkan jiwanya, kemudian sempurnakan dengan bertasbih agar kehidupannya semerbak wangi.

Jika manusia rajin dalam keduanya yaitu beristighfar dan bertasbih, maka sungguh manusia tersebut akan jadi makhluk yang mempunyai kehidupan bersih dan juga wangi.

Lebih jauh, apakah keutamaan keduanya?

Saat merasa galau, cemas serta sedih hal itu disebabkan oleh badan yang kotor dengan kemaksiatan. Coba lihat manusia yang hidupnya penuh dengan segala nilai positif, maka dalam kondisi apapun mereka merasa tenang dan bersahaja.

Dengan pikiran positif, niat positif, praduga positif serta perbuatan positif menjadi dasar utama bagi kebahagiaan yang dipunya oleh seluruh ahli surga. Untuk itu, membersihkan diri dengan beristighfar bisa menjauhkan jiwa dari hal-hal negatif.

Kemudian, tasbih yang merupakan dzikir i’tiraf, untuk mengingat Allah SWT dengan mengakui penuh akan kesucian Allah SWT dari segala macam aib serta kekurangan.

Saat bertasbih, hidup jadi wangi karena sebagai makhluk Allah SWT, kita berkeyakinan seluruh takdir Allah merupakan bentuk puncak kesempurnaan dan keindahan.

Dengan mengakui kesucian serta kesempurnaan Allah SWT itulah mensyaratkan manusia jadi makhluk yang tidak mensuci-sucikan diri.

Secara bertahap kesombongan hilang, arogansi juga lenyap, dengan demikian hidup jadi lebih terang, rukun serta damai.

Begitu luar biasanya keutamaan istighfar dan tasbih, membuat manusia harus yakin tak ada yang lebih dahulu, yang ada keduanya saling melengkapi kehidupan.

Agar lebih afdal, jangan lupa juga untuk perbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai bukti cinta kepada beliau. Shalawat pun mampu berbuah keselamatan serta kebahagiaan dalam hidup. Wallahu a’lam bish-shawabi.

Jadi tidak perlu dipertanyakan lagi ya lebih dulu beristighfar atau bertasbih? Karena keduanya sama-sama penting dan membuat hidup lebih bermakna.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -