LLP-KUKM, Satukan Potensi Komoditas Kopi Indonesia ke Mancanegara

Tandaseru – Penyelenggaraan acara Rembug Kopi Nasional 2019 di Smesco Indonesia merupakan kerjasama Kementerian Koperasi dan UKM dengan Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (LLP-KUKM).

Pameran ini akan berlangsung selama tiga hari mendatang, pada 20-22 September 2019 di Exhibition Hall Smesco Indonesia, Jakarta.

Menurut Direktur Utama LLP-KUKM Kemenkop UKM, Emilia Suhaimi, Rembug Kopi Nasional 2019 digelar sebagai upaya untuk menyatukan potensi komoditas kopi Indonesia untuk memasuki pasar global.

Mereka turut mengundang para pelaku UKM agar dapat berkumpul, berembug, dan saling bersinergi dalam rangka mem-branding kopi unggulan dari daerah masing-masing.

“Kami harap masyarakat, pebisnis, asosiasi, eksportir dan juga pecinta kopi akan lebih mengenal berbagai hal tentang kopi, seperti proses penanaman, panen, dan pengolahan biji kopi,” kata Emilia, di Jakarta, Jumat (20/9).

Pembukaan Smesco Rembug Kopi Nasional 2019 disertai dengan pelepasan ekspor produk kopi asal Bali ke Korea.

Berbagai agenda telah disiapkan, diantaranya Talkshow inspiratif tentang Start Up di bidang kopi dan bedah buku barista, Pameran I-CRAFT untuk mendukung pelaku UKM berkembang.

Tak hanya itu, ada pula Pemilihan Duta Kopi Indonesia 2019. Sejumlah kompetisi juga diadakan, seperti Coffee Roasting Competition, Fun Brewing Throwdown Competition, Brewing Class, Talk Shkow bersama Speciality Coffee Association Indonesia (SCAI).

“Dalam gelaran ini akan ditunjuk duta kopi dari berbagai daerah, yang akan di karantina dan dilatih untuk mengetahui seluk beluk kopi. Diharapkan bisa mempromosikan kopi ke mancanegara,” kata Emilia.

Indonesia sangat kaya akan keanekaragaman jenis kopi di seluruh pelosok tanah air, termasuk dalam berbagai cara penyajiannya.

Oleh sebab itu, Emilia berharap Rembug Kopi Nasional 2019 bisa memberikan kesejahteraan dan dapat mengangkat petani kopi Indonesia.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id