Luar Biasa! 930 Penyelam Wanita Cetak Rekor MURI

Tandaseru – Sebanyak 930 penyelam wanita memecahkan rekor MURI dalam aksi penyelaman wanita terbanyak dan pengibaran bendera Merah Putih terpanjang di dalam laut untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73.

Pemecahan rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) yang digagas oleh Wanita Selam Indonesia (Wasi) pimpinan Tri Suswati Tito Karnavian ini digelar di Pantai Mega Mas, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (11/8/2018) pagi.

Para penyelam wanita tersebut terdiri dari anggota Bhayangkari, Polwan, anggota Kodam Merdeka XII, Kodam Pattimura, Lantamal VI Makassar, Persit, komunitas selam, dan masyarakat umum.

Prosesi pemecahan rekor MURI, didahului dengan defile oleh kontingen dari berbagai daerah. Selanjutnya, peserta mempersiapkan diri dan mengecek perlengkapan sebelum melakukan penyelaman pada pukul 08.40 Wita di titik-titik yang telah ditentukan.

Di atas permukaan air di titik-titik tersebut bersiaga tim di atas perahu karet yang siap membantu peserta ataupun mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Rekor muri wasi

Aksi para wanita penyelam tersebut disambut tepuk tangan dan teriakan semangat dari ribuan masyarakat di pinggir pantai. Mereka satu per satu mulai naik ke permukaan air pada pukul 09.20 Wita.

Ketua Wasi Tri Suswati Tito Karnavian, yang memimpin pemecahan rekor MURI itu, ikut mengabadikan momen bersejarah itu sambil bernyanyi bersama anggota Bhayangkari.

“Melalui kegiatan ini, kita ingin mempopulerkan lagi selam bagi wanita Indonesia. Jangan takut untuk menjadi penyelam,” ungkapnya.

Indonesia pernah memecahkan rekor dunia penyelaman terbanyak dengan melibatkan 2.818 orang pada 2009. Namun rekor yang juga digelar di Manado itu dilakukan oleh pria dan wanita.

“Kalau sekarang ini semua wanita dengan jumlah peserta hampir sepertiganya. Ini menjadi rekor baru,” kata istri Kapolri Jenderal H. Muhammad Tito Karnavian tersebut.

Sebelum pemecahan rekor MURI tersebut, Tri ikut dalam torch relay Asian Games 2018 di Raja Ampat Papua. Ketua Umum Bhayangkari itu juga ikut menyelam membawa obor Asian Games 2018.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id