Makan Siang Makin Berselera dengan Ayam Tangkap Khas Aceh

JAKARTA (!) – Kuliner di Indonesia sangat beragam, bahkan di setiap daerah memiliki citarasa berbeda. Salah satu makanan khas yang menggugah selera adalah ayam tangkap khas Aceh.

Mungkin namanya terdengar asing, namun makanan satu ini terkenal punya citarasa yang unik. Selain itu keunikan lainnya berasal dari dedaunan kering yang menutupi sajian ayam tersebut.

Dedaunan tersebut pun bisa dijadikan lalapan kering sebagai pelengkap potongan ayam. Biasanya ayam tangkap dinikmati dengan nasi putih serta sambal, pasti bikin nagih!

Nah, kalau mau membuat sendiri masakan makanan khas Aceh ini bisa kok, tetapi sebelum membuatnya pastikan semua bahannya tersedia ya.

Bahan-bahan

Yang harus disiapkan pertama adalah 1 ekor ayam yang dipotong jadi 24 bagian, kemudian 6 lembar daun pandan ikat, 8 tangkai daun salam koja yang telah dipetik daunnya, 1 sdm air asam, 2 1/4 sdt garam, 1/2 sdt gula pasir, 1/4 sdt lada bubuk dan 500 ml air.

Setelah bahan untuk ayam selesai, siapkan juga bumbu untuk dihaluskan yaitu 12 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 3 buah cabai rawit merah, 4 cm kunyit bakar dan 2 cm jahe.

Setelah kedua bahan di atas siap, ada lagi bahan tambahan untuk daun pengharumnya, yaitu 4 lembar daun pandan yang telah diiris dan 8 tangkai daun salam koja yang sudah dipetik daunnya.

Kemudian, 6 lembar daun jeruk yang dibuang tulangnya, 5 buah cabai hijau besar yang sudah dibelah menjadi 2 bagian dan 2 lembar daun kunyit yang dipotong kecil.

Cara Membuatnya

Ternyata, cara membuat ayam tangkap juga tidak terlalu sulit, cukup melakukan beberapa langkah sajian tersebut sudah bisa dinikmati.

Langkah pertama haluskan 12 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 cm jahe, 4 cm kunyit bakar, 3 buah cabai rawit merah dengan air secukupnya.

Kemudian, masukkan ayam serta bumbu yang telah dihaluskan, 5 lembar daun pandan ikat, 1 sdm air asam, 1/4 sdt lada bubuk, 8 tangkai daun salam koja, 2 1/4 sdt garam, 1/2 sdt gula pasir dan juga 400 ml air.

Selanjutnya, masak semua bahan tadi sampai bumbu meresap hingga airnya asat. Lalu, panaskan minyak kemudian goreng semua bahan untuk daun pengharum hingga layu.

Setelah itu, masukkan ayam yang sudah disiapkan untuk digoreng hingga berubah warna jadi cokelat keemasan.

Jika sudah matang, sajikan ayam tangkap pada satu wadah dengan dedauanan kering, siap deh untuk dinikmati bersama keluarga!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -