4 Makanan Sehat Saat Anak Flu yang Wajib Ibu Berikan

Tandaseru – Influenza adalah penyakit yang menyerang bagian pernafasan. Biasanya disebabkan oleh virus flu. Anak-anak sangat rentan terkena flu, apalagi saat cuaca yang kurang menentu. Makanan anak saat flu harus diperhatikan, supaya lebih cepat sembuh.

Anak kecil yang menderita flu biasanya mengalami demam disertai batuk dan sakit tenggorokan.

Anak-anak juga bisa menjadi lebih rewel dan merasa mudah lelah. Selain itu, virus influenza juga dapat menyebabkan diare dan muntah.

Ketika anak terserang flu, pastikan agar anak banyak minum agar tidak dehidrasi. Disamping itu, berikan makanan hambar yang terdiri dari makanan yang lunak, tidak pedas, dan tidak mengandung penyedap buatan.

Sayur sup cocok sebagai makanan anak saat flu

Banyak penelitian menyebutkan jika makanan berkuah hangat atau sup bisa membantu menurunkan peradangan yang sering kali menjadi penyebab flu.

Sup hangat sangat bagus dijadikan makanan saat anak mengalami flu. Namun jika anak tidak menyukai sup ayam, Anda bisa menggantinya dengan sup daging, sup jamur, atau makanan berkuah yang lain.

Buah stoberi, jeruk, dan tomat

Ketiga buah diatas mengandung vitamin C yang tinggi. Maka ini sangat cocok Anda berikan pada anak yang tengah sakit flu.

Meskipun vitamin C tidak dapat menyembuhkan flu dan batuk, namun vitamin C dapat membantu mengurangi gejalanya.

Selain itu, dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C, maka mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Madu

Khasiat Madu

Madu mengandung antibiotik alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Termasuk dapat mengurangi gejala batuk hingga flu dengan melapisi tenggorokan dan menyembuhkan iritasi.

Oleh sebab itu, madu sangat cocok dikonsumsi oleh anak yang tengah sakit flu. Suapi anak setengah sendok teh madu setiap sebelum tidur sebagai asupan tambahan agar si kecil mempunyai sistem imun yang bagus.

Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan vitamin A yang menutrisi sistem kekebalan tubuh yang menjaga jaringan di mulut, usus dan saluran pernafasan agar tetap sehat.

Selain ubi jalar, ada juga wortel, mangga, dan paprika merah yang sarat akan vitamin A.

Demikian 4 makanan anak saat flu yang baik untuk dikonsumsi. Semoga dapat membantu ya, agar sakit flu dan batuk si kecil segera reda sehingga anak dapat ceria kembali.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait