Mudah Ngantuk Saat Mudik? Ini 4 Makanan yang Ampuh Usir Kantuk!

Tandaseru – Perjalanan mudik pasti sangat melelahkan, apalagi jika harus mengendarai mobil atau motor seorang diri. Saat perjalanan siang hari mungkin kantuk tidak terasa, tapi bagaimana dengan perjalanan malam hari? Nah, ini makanan anti ngantuk untuk mudik yang bisa dikonsumsi!

Jika kantuk tak tertahankan biasanya fokus serta kewaspadaan akan berkurang ketika mengemudi. Tapi tak perlu khawatir, selain istirahat cukup, ada sejumlah makanan yang bukan cuma lezat, tapi bisa menghilangkan kantuk sekaligus seperti dilansir dari Huffington Post.

Dark chocolate bisa jadi makanan anti ngantuk untuk mudik!

Ternyata dark chocolate bisa dijadikan camilan yang tepat untuk mengusir lelah serta kantuk yang menyerang apalagi saat mengemudi.

Hal tersebut dapat terjadi karena dark chocolate punya kandungan kafein yang berguna meningkatkan kadar endorphin dalam tubuh.

Asupan endorphin sendiri berguna mendorong energi agar tubuh jadi tak mudah lelah serta mengantuk. Bukan itu saja, kakao dalam dark chocolate pun kaya akan kandungan phenylethylamine untuk meningkatkan fokus dan meredakan stress selama perjalanan jauh.

Jeruk

Bukan hanya cokelat, jeruk juga dikenal jadi buah yang banyak mengandung vitamin C. Bukan hanya berfungsi untuk memperkuat imunitas, vitamin C juga bisa membangkitkan energi dan mempertajam fokus serta kewaspadaan ketika mengemudi.

Bahkan, dikutip dari Huffington Post, dengan mencium aroma segar dari buah jeruk saja bisa menghilangkan rasa kantuk akibat dari kelelahan.

Telur rebus

Memang makanan yang awet seperti telur rebus bisa jadi bekal untuk mudik yang tepat, bukan hanya enak telur rebus juga punya kandungan yang bisa menghilangkan rasa lelah ketika di perjalanan.

Kandungan vitamin B yaitu choline yang ada dalam telur, berfungsi melancarkan sistem metabolisme dan membantu memaksimalkan fungsi saraf pusat pada otak agar tetap fokus selama perjalanan.

Kacang-kacangan

Jika masih repot untuk makan telur rebus, bisa dengan membawa kudapan berupa kacang-kacangan sebagai pengusir lelah ketika perjalanan mudik.

Dalam kacang-kacangan terdapat kandungan vitamin B, protein serta karbohidrat kompleks yang bisa meningkatkan energi tubuh saat perjalanan. Bukan itu saja, karbohidrat kompleks pun sangat baik dikonsumsi agar tubuh tak mudah lapar serta lemas ketika mudik.

Nah, udah tahu kan makanan anti ngantuk untuk mudik? Sekarang tak perlu khawatir lagi deh jika harus mengendari mobil atau motor seorang diri, tapi tetap harus berhati-hati ya!

Kumpulan Berita Terkait