Bukan Junk Food, Tapi Makanan Inilah yang Bisa Membahayakan Nyawa Kamu!

Sebentar lagi bulan puasa nih, pasti udah terbayang kan menu-menu lezat yang bisa kamu pilih untuk berbuka setiap harinya! Dari mulai olahan ikan, ayam, sayur, hingga nantinya ketupat untuk merayakan hari lebaran. Berbagai macam makanan memiliki kandungannya masing-masing yang bermafaat bagi tubuh kamu.

Tapi ternyata kamu juga harus hati-hati! Karena tidak semua makanan yang terbuat dari hewan serta tumbuhan baik untuk dikonsumsi. Ada pula makanan yang bisa membahayakan nyawa kamu kalau kamu menyantapnya! Makanan-makanan ini ada di Indonesia nggak ya?

Simak ulasan lengkapnya!

1. Ikan Kembung

Ikan Kembung

Pasti kamu sudah tahu banget wujud ikan kembung kan?  Hewan yang mampu menggembungkan tubuhnya ini mengandung tetrodotoxin. Ternyata, senyawa ini bahaya banget, bahkan bisa membawa kematian! Senyawa yang merupakan racun ini bisa melumpuhkan syaraf dan membuat sesak nafas.

Tapi tenang. Kini di Jepang olahan ikan kembung sudah bisa disantap dengan bantuan koki ahli yang telah berpengalaman. Konon, mereka menggunakan trik khusus agar senyawa ini tidak membahayakan! Jadi hati-hati ya bagi kalian para penggemar kuliner ikan!

2. Sannakji

Sannakji

Sekarang lagi banyak banget nih restoran-restoran yang menawarkan kenikmatan kuliner Korea. Tapi kalian harus hati-hati dengan makanan bernama  sannakji. Makanan ini berupa gurita muda yang berukuran kecil hingga sedang lalu disajikan dengan wijen dan bumbu-bumbu sederhana.

Walaupun sudah dipotong, tentakel gurita masih bisa bergerak dan aktif menggeliat. Tentakelnya yang masih menggeliat hidup jika gak dikunyah dengan benar, maka bisa menyedot tenggorokan dan membuatmu tersedak hingga menyebabkan kematian. Serem banget deh!

3. Singkong

Singkong

Singkong paling banyak ditemukan di jajanan pinggir jalan, banyak anak muda yang gemar mengonsumsinya setelah digoreng. Tapi, jika singkong tidak dimasak secara matang atau masih mentah, ternyata bahaya banget buat tubuhmu! Zat yang terkandung dalam singkong akan bereaksi dengan enzim dalam usus dan berubah menjadi racun sianida. Makanya, pastikan singkong yang akan kamu makan sudah benar-benar matang ya!

Udah tahu kan beberapa contoh makanan yang bahaya banget buat kamu konsumsi? Yang penting kamu harus pandai memilih dan melihat cara mengolahnya, jadi tidak membahayakan kesehatan kamu!

Kumpulan Berita Terkait