5 Makanan Pengganti Nasi yang Enak dan Bikin Kenyang

Tandaseru – Diet yang paling populer dikalangan masyarakat biasanya membatasi asupan nasi atau karbohidat setiap harinya maksimal 150-200 gram. Namun tahukah Anda, bahwa ada makanan pengganti nasi yang justru enak dan bikin kenyang tahan lama.

Kalau pasta sudah pasti masuk dalam daftar utama yang harus dihindari, karena indeks glikemiksnya tinggi.

Alternatif makanan karbohidrat lain tentu ada pada sayuran atau protein. Nah, berikut ini ada 5 jenis makanan yang bisa menggantikan peran nasi.

Kinoa jadi salah satu makanan pengganti nasi yang mengenyangkan

Kinoa termasuk makanan dalam kategori superfood, sebab kinoa memiliki sumber nutrisi seperti protein, zat besi, potasium, fosfor, magnesium, mangan, folat, thiamine, vitamin B6 dan serat.

Kinoa sangat baik dikonsumsi penderita diabetes. Kandungan serat tinggi dalam quinoa membuat laju pelepasan gula ke pembuluh darah lebih lambat, sehingga kerja insulin dalam tubuh terbantu.

Serat juga membuat tubuh cepat merasa kenyang. Dikutip dari livescience.com, setiap 100 gram kinoa mengandung 21 gram karbohidrat.

Selain itu, kinoa juga membantu melancarkan kerja saluran pencernaan atau mencegah sembelit.

Mie zukini

Zukini termasuk dalam golongan labu yang bernama curcubita pepo. Meski berbahan dasar sayuran, zukini tampak menggugah selera. Terutama bila dipotong bentuk spiral, seperti mie.

Tuangkan saja saus atau minyak zaitun, merica, sedikit garam, dan taburan keju parmesan dalam zukini yang sudah dipotong, makanan ini sudah bisa jadi pengganti nasi yang lezat.

Aman dimakan dalam porsi banyak, dalam 100 gram zukini terkandung 3,1 gram karbohidrat. Kandungan vitamin C, vitamin A, B-6 dan magnesiumnya juga cukup melimpah.

Brokoli

resep brokoli enak

Sayur brokoli memiliki sumber nutrisi dengan ragam manfaat kesehatan, salah satunya dapat mencegah kanker.

Sebuah penelitian dari ahli gizi di Universitas Texas mengungkapkan bahwa sayuran hijau ini kaya akan serat, potasium, protein, vitamin C, B6, dan A.

Brokoli terdiri dari 7 gram karbohidrat per 100 gramnya. Lebih sehat bila dikonsumsi dengan dikukus atau direbus agar kandungan nutrisi dan seratnya tidak banyak terbuang.

Selain itu, brokoli bisa diblender kasar, kemudian ditumis dengan sedikit unsalted butter untuk menjadi makanan pengganti nasi.

Spaghetti squash

Butternut squash  termasuk jenis buah labu bernama latin curcubita moschata. Setiap 100 gram, karbohidrat yang terkandung hanya 12 gram.

Labu yang kaya vitamin A, beta karoten, dan potasium ini bisa jadi pengganti nasi. Bercita rasa manis dan teksturnya yang lembut.

Kukus atau panggang butternut squash, bila ingin mempercantik penampilannya agar mirip spaghetti, kerok saja daging buah yang sudah matang dengan menggunakan garpu.

Jamur

Tumis Jamur

Makanan lezat dan nikmat sebagai pengganti nasi terakhir adalah Jamur. Setiap 100 gram, total kandungan karbohidratnya 3,3 gram. Makanan ini memiliki cita rasa yang gurih.

Jamur yang paling favorit dikonsumsi antara lain jamur kancing, jamur tiram, jamur merang, shiitake, enoki, dan jamur kuping.

Perlu diingat bahwa jamur harus dimasak dulu sebelum dimakan.

Buat saja mushroom platter yang dipanggang, tambahkan sedikit mentega dan taburan merica garam.

Nah, makanan pengganti nasi yang lezat dan sehat mana yang paling menggoda selera makan Anda?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait