Cegah Penuaan Dini, Ini Makanan Yang Harus Anda Konsumsi

Tandaseru – Penuaan memang proses alami yang tidak dapat dihindari. Namun, siapa sih yang nggak ingin tampil awet muda? Nggak perlu krim mahal, nyatanya ada loh makanan penunda penuaan dini!

Seiring bertambahnya usia, tubuh Anda akan mengalami berbagai perubahan. Beberapa fungsi tubuh pun akan menurun seperti, berkurangnya kekebalan tubuh, seksual, metabolisme, penglihatan dan pendengaran.

Sebagian orang akan mengalami penuaan lebih cepat. Proses penuaan dini terjadi akibat kebiasaan yang tak sehat, seperti kurang tidur, stress, berada di ruangan pendingin udara terlalu lama, polusi serta terkena radiasi matahari.

Namun untuk menghindari kebiasaan tak sehat itu, ternyata ada nih beberapa makanan yang bisa menunda penuaan dini.

Alpukat makanan penunda penuaan dini

Alpukat adalah buah yang lezat dan berkhasiat untuk mencegah penuaan dini. Kandungan lemak dan serat dalam alpukat berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung serta mencegah kanker.

Alpukat juga kaya akan vitamin E yang mampu merangsang produksi kolagen agar kulit tetap kenyal dan cerah, jauh dari keriput. Rutin mengonsumsi alpukat akan membantu menurunkan kolesterol.

Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang almond, kacang tanah, dan kacang mete adalah pilihan yang tepat untuk mencegah penuaan dini.

Kacang kaya akan protein, serat, dan omega-3 namun bebas dari lemak jenuh. Untuk menjaga fungsi otak dan melawan radikal bebas, ganti camilan asin jadi kacang-kacangan yang lebih sehat.

Jamur

Jamur berfungsi sebagai anti kanker karena mampu membunuh serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Selain itu jamur kaya akan berbagai mineral seperti kalium dan selenium yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini, terutama pada saraf otak Anda.

Bayam

Siapa sangka jenis sayuran hijau, terutama bayam memiliki manfaat untuk menjaga keremajaan tubuh. Kandungan fitonutrien pada bayam membantu melindungi kulit dari sinar UV matahari.

Semangka

Semangka mengandung vitamin A, B dan E yang tinggi dan efektif untuk mencegah kulit keriput. Selain itu semangka juga bermanfaat untuk masalah seksual, sehingga bagi anda yang mengalami kesulitan mencapai ereksi atau ejakulasi karena usia bisa coba mengonsumsi makanan ini.

Delima

Tak perlu khawatir dengan kulit yang keriput dan munculnya garis-garis halus pada wajah, kandungan polifenol dalam buah delima mampu melawan radikal bebas dan vitamin C yang tinggi mampu melindungi kulit dari serangan sinar matahari.

Cokelat

Siapa yang tidak suka cokelat? Untuk mencegah penuaan dini, usahakan memilih cokelat pahit atau dark chocolate daripada milk chocolate. Camilan ini nyataya kaya akan antioksidan. Tak perlu takut untuk mengonsumsi cokelat, pasalnya makan cokelat bisa membuat Anda awet muda loh!

Itu lah beberapa makanan penunda penuaan dini yang bisa Anda coba. Jika ingin tetap terlihat awet muda dan bugar, nggak ada salahnya kan coba cara alami ini.

Kumpulan Berita Terkait