Air Kotor Sampai Daging Mentah, 4 Makanan Ethiopia ini Unik Banget!

Tandaseru – Membicarakan tentang makanan pasti taka da habisnya. Agar semakin cerdas, ada sejumlah makanan unik dari Ethiopia yang mungkin Anda tak duga sebelumnya!

Apakah Anda sudah tahu tentang Ethiopia? Mungkin negara ini jarang terdengar tapi masih jadi bagian di benua Afrika kok.

Tepatnya Ethiopia berada di tanduk Afrika, oleh sebab itu ada banyak keunikan kuliner khas di sana, yang mungkin Anda tak pernah sangka.

Sekalipun unik dan cenderung aneh bagi sebagian orang, tapi masyarakat Ethiopia menganggap sajian tersebut sebagai yang terbaik dari negaranya, penasaran dong?

Tibs salah satu makanan unik dari Ethiopia!

Makanan unik yang pertama ini merupakan irisan daging sapi atau domba yang digoreng menggunakan mentega, bawang putih serta bawang merah.

Bisa dibilang, sajian ini merupakan salah satu yang terpopuler di Ethiopia. Tibs bisa disajikan dengan beragam variasi jenis, ukuran, bentuk potongan daging, suhu serta bisa pakai sayur atau tidak.

Salah satu variasi tibs yang disarankan adalah shekla, yaitu bentuk penyajian tibs di atas pot tanah liat yang menggunakan bara api panas di bawahnya.

Jadi saat sampai ke meja tamu, potongan daging tersebut masih dalam proses pemanggangan. Tidak hanya lezat, tapi pengalaman menyantap sajian yang unik tersebut juga sulit digantikan.

Tere Siga

Selanjutnya adalah santapan yang lebih ekstrem, karena jika sebelumnya masih ada proses pemasakan, kali ini tidak sama sekali.

Karena tere siga yang juga populer di Ethiopia merupakan menu kubus daging merah mentah. Nanti disantap dengan roti untuk menjepit daging dan dicelupkan dalam mitmita yaitu bubuk campuran bumbu yang banyak.

Sajian tersebut ternyata berasal dari sejarah taktik militer pejuang Ethiopia selama abad ke-16. Karena menyantap daging mentah, membuat mereka tak terdeteksi musuh. Jika daging tersebut di masak, akan ada sisa pembakaran yang terdeteksi.

Beyainatu

Jika Anda ke Ethiopia tapi tidak senang menyantap daging mentah, bisa juga kok cicipi hidangan yang satu ini, karena isinya hanya aneka sayuran.

Beyainatu saat diterjemahkan punya arti “sedikit dari setiap jenis”. Senada dengan tampilannya yang memang meletakkan berbagai jenis makanan tapi sedikit-sedikit seperti sayur aneka warna, kentang, kari dan semur rebus ditemani injera atau semacam roti datar.

Untuk hidangan satu ini tersedia di seluruh pelosok, mulai dari restoran mewah sampai warung makan pinggir jalan.

Jadi menu ini yang paling aman dan sederhana bagi wisatawan yang makan di sana dan dihadapkan pada daftar menu berbahasa Amharik.

Shiro

Ternyata makanan unik dari Ethiopia ini sangat digemari masyarakatnya, apalagi pada hari-hari puasa. Mungkin terlihat sederhana saat ditemui, bahkan cenderung seperti air kotor.

Tapi jangan tertipu dengan penampilannya saja, karena shiro merupakan santapan enak di sana. Sering disajikan bersama bawang cincang dan bawang putih.

Bahan tambahan tergantung variasi di tiap wilayah, karena ada yang menambahkan shiro dengan jahe atau tomat cincang dan cabai.

Tegabino shiro merupakan salah satu jenis shiro yang dibuat dari polong-polongan dengan beragam campuran bahan serta bumbu, mulai dari buncis, kacang polong atau fava, tepung, minyak atau mentega dan air mendidih.

Biasanya makanan unik dari Ethiopia ini disajikan dalam pot tanah liat mini, dan disajikan saat masih mendidih. Nah, ada yang berani mencoba salah satunya?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait