Ini Loh Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur, Agar Badan Nggak Lemas!

Tandaseru – Pada awal puasa badan akan terasa lemas dan mudah lapar. Itu pun bisa terjadi jika tidak teliti dalam memilih makan yang akan dikonsumsi saat sahur, ternyata ada makanan yang harus dihindari saat sahur loh, agar badan nggak cepat lemas.

Sebaiknya saat sahur konsumsilah makanan yang mengandung banyak protein dan serat. Usahakan tidak mengonsumsi makanan berlebihan atau hingga kekenyangan.

Agar saat puasa seharian badan nggak mudah lapar dan lemas. Sebaiknya cari tau makanan yang seharusnya tidak dikonsumsi ketika sahur seperti berikut ini!

Makanan yang harus dihindari saat sahur adalah makanan dengan kandungan lemak jenuh

Sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak jenuh. Lebih baik konsumsi makanan yang mengandung lemak sehat atau kaya protein. Jenis protein yang baik dikonsumsi saat sahur seperti ikan, telur, dan kacang almond.

Sementara makanan yang mengandung lemak sehat untuk dikonsumsi saat sahur, antaranya ikan salmon, buah alpukat, dan kenari.

Makanan berminyak

Sebaiknya untuk gorengan tidak perlu dikonsumsi saat sahur. Karena makanan yang mengandung minyak bisa membuat sistem percernaan harus bekerja lebih keras atau dapat membuat tubuh jadi lebih mudah lelah.

Saat puasa, tubuh akan berusaha untuk membuang racun, tetapi bila yang dikonsumsi saat sahur terlalu banyak mengandung minyak, maka kinerja tubuh akan kurang efektif.

 

Makanan pemicu asam lambung

Makanan yang terlalu pedas dan asam sebaiknya dihindari saat sahur. Karena makanan tersebut dikhawatirkan malah mengganggu sistem pencernaan atau memicu asam lambung atau mengalami maag.

Minuman yang mengandung gula pasir

Memang sangat disarankan saat berbuka puasa mengonsumsi yang manis-manis. Tapi untuk sahur lebih baik tidak minum minuman yang mengandung gula pasir, contohnya teh manis.

Lebih baik mengonsumsi buah segar seperti pisang atau apel bisa juga jus buah atau air kelapa muda yang punya kandungan pemanis alami.

Makanan pemicu gas

Buah durian, nangka, atau minuman yang bersoda juga sebaiknya dihindari ketika santap sahur. Nggak mau nanti perut kembung atau malah sakit perut saat berpuasa kan?

Jadi lebih baik selektiflah dalam memilih makanan untuk dikonsumsi ketika sahur. Nah, itu dia makanan yang harus dihindari saat sahur agar badan nggak mudah lemas dan lelah. (mr)

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -