Malam 1000 Bulan, Mencari Tanda-Tanda Malam Laitul Qadar, Yuk!

Tandaseru – Malam istimewa dan paling dinantikan saat bulan Ramadhan yaitu malam lailatul qadar. Dianggap malam yang lebih mulia dari seribu bulan, tak heran banyak umat muslim yang ingin memperolehnya. Nah, begini cara mencari tahu tanda-tanda malam lailatul qadar!

Allah SWT memang sengaja merahasiakan kapan sesungguhnya malam itu datang, keutamaannya agar para hamba-Nya bersungguh-sungguh mendekatkan diri dan melakukan amalan baik.

Sebab pada malam itu malaikat Jibril atas izin dari Allah SWT akan mengatur setiap perkara.

Namun dalam beberapa riwayat, Rasulullah SAW tetap menjelaskan kepada para sahabatnya “Carilah lailatul qadar pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan” (HR. Bukhari).

Tanda-tanda malam laitul qadar bisa Anda kenali dengan cuaca yang sejuk di malam hari

Pada hari dimana datangnya malam lailatul qadar, udara atau angin pada malam itu terasa tenang, tidak terlalu dingin dan tidak terasa panas.

Sebagaimana riwayat dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda: “Lailatul qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikkan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin..” (HR. Ibnu Huzaimah).

Kedua, matahari tidak terlalu panas atau cahayanya sedikit meredup sehingga udaranya cukup sejuk

Disebutkan dari Ubay bin Ka’ab radhiyallahu ‘anhu ia berkata “..Malam itu adalah malam yang cerah yaitu malam ke dua puluh tujuh (drai bulan Ramadhan) dan tanda-tandanya ialah pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa sinar yang menyorot.” (HR. Muslim no.762)

Ketiga, Malam tersebut tampak cerah dan terang

Berdasarkan riwayat Ubadah bin Shamit, Rasulullah SAW bersabda: “….Sesungguhnya tanda lailatul qadar adalah malam yang cerah, terang seolah-olah ada bulan, malam yang tenang dan tentram, tidak dingin dan tidak pula panas. Pada malam itu tidak dihalalkan dilemparnya bintang, sampai pagi harinya. Dan sesungguhnya, tanda lailatul qadar adalah matahari di pagi harinya terbit dengan indah, tidak bersinar kuat, seperti bulan purnama dan tidak pula dihalalkan bagi setan keluar bersama matahari pagi itu.” (HR.Ahmad)

Keempat, Turunnya malaikat pada malam itu membuat ibadah pada malam hari itu terasa lebih tenang dibandingkan malam-malam yang lain

Pada malam lailatul qadar, para malaikat turun ke bumi dan mereka memberikan rahmat sehingga dapat merasakan nikmat yang lebih saat beribadah dibandingkan dengan malam lainnya.

Allah Ta’alla berfirman : “Pada malam itu, turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril,” (QS. Al-Qadar, 4).

Kelima, tak jarang tanda-tanda malam tersebut di perlihatkan oleh Allah dalam mimpi orang mukmin

Sebagian para sahabat Rasulullah diperlihatkan datangnya malam lailatul qadar melalui mimpi ketika tujuh hari terakhir (dari bulan Ramdhan).

Beliau pun bersabda: “Aku tau bahwa kalian melihat lailatul qadar pada tujuh hari terakhir Ramadhan. Siapa yang sungguh-sungguh dalam mencarinya, maka carilah di tujuh hari terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari-Muslim)

Demikianlah tanda-tanda malam lailatul qadar yang Allah perlihatkan secara langsung kepada hamba-Nya. Semoga kita bisa mendapatkan malam yang mulia dan penuh keisimewaan itu yaa.da

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -