Malam Langit Gelap, Kembalikan Bimasakti di Langit Indonesia

Tandaseru –  Bertepatan dengan Hari Keantariksaan, LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) mengajak masyarakat untuk mematikan lampu selama satu jam pada 6 Agustus 2018, mulai pukul 20.00 hingga 21.00 WIB.

Aksi serentak yang digagas LAPAN ini dikenal dengan ‘Malam Langit Gelap’ dan sudah dilakukan sejak tahun 2016 silam.

Profesor Thomas Djamaluddin, Kepala LAPAN menjelaskan, kampanye ‘Malam Langit Gelap’ bertujuan memberi kesempatan kepada masyarakat untuk kembali menikmati keindahan langit yang hilang karena polusi cahaya.

Thomas  mengatakan, dengan ‘Malam Langit Gelap’ memungkinkan masyarakat menyaksikan Galaksi Bimasakti, empat planet yang berjajar dari barat ke timur yaitu Venus, Jupiter, Saturnus, dan Mars. Dan juga beberapa rasi bintang terkenal seperti Scorpio, Cygnus dan Crux .

Hari Keantariksaan Nasional ditetapkan bertepatan dengan disahkannya UU No. 21 tahun 2013 tentang Keantariksaan.

Undang-undang ini merupakan wujud perlindungan dalam berbagai kegiatan keantariksaan. Seperti penelitian dan pengembangan di bidang sains antariksa, penginderaan jauh, penguasaan teknologi keantariksaan, dan peluncuran wahana antariksa seperti roket dan satelit.

Seperti diketahui, Indonesia telah aktif dalam kegiatan keantariksaan sejak tahun 1966 dengan pengoperasian Intelsat.

Tahun 1976, Indonesia memiliki dan mengoperasikan satelit SKSD Palapa. Kemudian dilanjutkan Palapa A-B, C, Telkom 1 dan 2, Indostar, Garuda, dan Lapan-Tubsat.

 

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id