Ternyata Air Kelapa Lebih Baik Untuk Buka Puasa Loh, Benarkah?

Tandaseru – Kenapa air kelapa bisa sangat baik untuk minuman berbuka puasa? Ternyata ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari air kelapa. Apa saja ya manfaat air kelapa untuk kesehatan usai berpuasa seharian penuh?

Sudah jadi kebiasaan untuk mengonsumsi segala hal makanan atau minuman manis ketika berbuka puasa, namun banyak orang yang memilih teh manis atau es buah untuk menu berbuka. Padahal ada minuman alami pelepas dahaga yang sangat baik untuk tubuh selesai berpuasa.

Manfaat air kelapa untuk kesehatan pertama adalah mengganti cairan tubuh yang hilang

Dehidrasi biasa terjadi ketika seseorang menjalankan puasa selama 13 jam penuh. Untuk menanggulangi hal tersebut, air kelapa bisa diminum ketika berbuka.

Pasalnya, pakar kesehatan mengungkapkan air kelapa khususnya kelapa muda cocok untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Menurut penelitian, air kelapa muda memiliki kandungan elektrolit seperti kalium, magnesium, kalsium dan natrium.

Hal itulah yang membuat air kelapa sangat baik untuk berbuka, karena dapat langsung diserap tubuh. Ditambah lagi kadar airnya yang mencapai 94,99 persen dan bisa mengembalikan kesegaran tubuh.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Bukan itu saja, air kelapa muda pun dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sebab air kelapa muda berperan dalam membawa oksigen serta nutrisi pada sel darah yang menjadikan tubuh segar kembali usai berpuasa.

Air kelapa muda dipercaya juga bisa memperlancar pencernaan, menurunkan kolesterol jahat, mencegah radang sendi, darah tinggi, diabetes, risiko osteoporosis sampai melindungi jantung, bahkan punya anti-bakteri pencegah infeksi saluran kencing.

Mengatasi asam lambung

Ketika berpuasa ada beberapa orang yang mengalami masalah asam lambung alias mengalami maag. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, air kelapa bisa mengatasinya loh!

Sebaiknya, konsumsilah air kelapa setiap hari selama berbuka puasa agar lebih maksimal. Tapi, jangan memberikan gula tambahan pada air kelapa muda tersebut.

Menurunkan berat badan

Banyak orang khawatir bisa cepat gemuk akibat porsi makan yang banyak ketika berbuka atau sahur. Nah, buat yang khawatir gemuk, bisa mengatur nafsu makan dengan mengonsumsi air kelapa.

Pasalnya, air kelapa memiliki kandungan yang mengenyangkan serta mampu menekan nafsu makan. Biarpun mengenyangkan, air kelapa tidak mengandung lemak yang tidak akan membuat gemuk.

Jadi itulah beberapa manfaat air kelapa untuk kesehatan yang dapat dirasakan sewaktu berbuka puasa, cobain yuk!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -