Dijadikan Obat Terapi, ini 5 Manfaat Garam Untuk Kesehatan!

Tandaseru – Asin berasal dari garam, tidak hanya menyedapkan masakan, ada banyak manfaat garam bagi kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya!

Tidak hanya fashion, terapi untuk kesehatan pun bisa mengalami tren. Terapi yang saat ini cukup populer adalah terapi garam.

Garam bukan hanya bermanfaat untuk masakan, tapi terbukti efektif untuk mengobati sejumlah masalah kesehatan. Seperti dilansir dari Boldsky, ada lima manfaat baik dari penggunaan garam sebagai terapi.

Manfaat garam bagi kesehatan, baik untuk gatal-gatal!

Manfaat garam yang pertama ini mungkin cukup banyak diketahui orang. Garam yang kaya akan magnesium sulfat, membuatnya mampu mengobati gatal-gatal dan bisa menyejukkan kulit.

Caranya mudah, cukup campurkan secangkir air panas dengan garam dalam mangkuk, lalu biarkan dingin dan bekukan dalam kulkas. Jika sudah dingin, langsung aplikasikan pada area yang gatal dan diamkan 30 menit lamanya.

Obati Infeksi

Tidak hanya gatal, infeksi juga bisa diatasi dengan menggunakan garam. Memang pemicu infeksi itu bisa beragam hal, namun sangat penting untuk mengobatinya sebelum jadi terlalu parah.

Sifat anti-inflamasi yang terdapat dalam garam itulah yang sangat baik untuk mengobati infeksi. Cukup tambahkan 2 sdt garam ke dalam air hangat, lalu gunakan kain bersih yang dicelupkan dalam air garam untuk mengusap kulit yang terinfeksi atau luka terbuka.

Manfaat Garam Untuk MembersihkanMembantu relaksasi tubuh

Manfaat lainnya dari garam adalah sebagai penenang tubuh secara alami. Cukup campurkan sepertiga cangkir garam ke dalam air hangat, lalu biarkan larut dan gunakan air tersebut untuk mandi, maka tubuh Anda bisa lebih relaks.

Manfaat garam untuk diskolorasi

Kesehatan kulit juga bisa terjaga dengan memanfaatkan garam. Karena garam mampu mencerahkan kulit secara alami, menyingkirkan kotoran bahkan mengembalikan sel-sel warna kulit.

Buatlah pasta menggunakan garam dengan air dengan perbandingan 2:1. Lalu, aplikasikan pasta garam tersebut pada tubuh, dan diamkan 30 detik, lalu bilas dengan air.

Garam dengan kandungan natrium, usahakan tidak dibiarkan terlalu lama menempel pada kulit karena bisa menyebabkan kulit terbakar.

Singkirkan jamur

Manfaat garam bagi kesehatan lainnya adalah sebagai bahan alami yang cukup ampuh singkirkan jamur pada tubuh. Garam punya kandungan anti-bakteri yang mampu menyingkirkan jamur di bagian tubuh secara permanen.

Caranya, campurkan setengah cangkir baking soda dengan garam dalam air dan digunakan untuk mandi. Siramlah tubuh menggunakan air tersebut, lalu lihat perubahannya. Sebisa mungkin gunakan air campuran tersebut secara rutin.

Nah, bagaimana menurut Anda tentang manfaat garam bagi kesehatan di atas? Memang ada banyak manfaat lainnya, coba cek artikel lain tentang garam!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait