Gak Mau di Rumah Banyak Noda? Garam Bisa Buat Bersih-bersih lho!

Tandaseru –  Garam jadi salah satu bumbu pelengkap yang hampir tidak pernah lepas dari masakan. Tapi, tahukah Anda ternyata ada beberapa manfaat garam untuk membersihkan alat-alat rumah tangga.

Hal ini juga bisa mengurangi dan menghindari efek buruk dari bahan-bahan kimia dalam pembersih yang biasa kita pakai, ada baiknya mulai kini memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah seperti garam.

Berikut adalah beberapa fungsi garam untuk membersihkan perabotan sekitar rumah.

Manfaat garam untuk membersihkan teflon

Teflon besi sebenarnya lebih mudah karatan bila Anda mencucinya dengan air. Kini Anda bisa menggunakan garam untuk membersihkan teflon.

Cara membersihkan teflon besi juga harus benar, bila Anda sudah selesai masak, tuangkan ¼ cangkir garam ke dalam wajan yang masih panas dan gosok dengan sikat kawat kaku.

Kemudian lap dengan bersih dan lapisi wajan dengan minyak mijek atau minyak sayur sebelum disimpan kembali.

Namun perlu diingat, jangan membersihkan penggorengan antilengket dengan cara ini karena sikat kawat bisa menggores lapisannya.

Membersihkan mebel anyaman

Siapa sangka, garam bisa menjaga keawetan mebel anyaman Anda. Furnitur anyaman rotan bisa lapuk dan menguning jika dibiarkan tahunan di bawah sinar matahari dan polusi.

Anda bisa melakukan perawatan sederhana, caranya dengan menggosok sikat kaku yang sudah dicelupkan terlebih dulu ke air garam hangat. Kemudian, keringkan di bawah sinar matahari. Lakukan hal ini cukup setahun sekali atau dua tahun sekali saja.

Menghilangkan noda keringat kuning di ketiak

Selain deterjen,  ternyata noda keringat kuning di ketiak baju bisa dihilangkan dengan bantuan garam, loh.

Noda baju akibat keringat di ketiak sering menimbulkan warna kuning, tentu ini  bukan pemandangan yang sedap dipandang mata. Untuk mengatasinya, larutkan 4 sdm garam dalam 1 liter air panas. Rendam pakaian dalam air garam dan biarkan sejenak sampai nodanya terangkat.

Menyingkirkan bau apek dalam sepatu

Seperti yang kita tahu bahwa sepatu kets atau kanvas yang sering dipakai lama kelamaan bisa mengeluarkan aroma tidak sedap. Apalagi jika tidak pernah dicuci dan sering tidak pakai kaos kaki saat memakainya.

Cobalah singkirkan bau sepatu tersebut dengan menaburkan sedikit garam di sol dalam sepatu Anda selama satu jam, lalu bersihkan kembali.

Membersihkan karpet

Karpet sering terkena tumpahan makanan dan minuman sehingga tertinggal noda membandel meski sering kita menggosoknya.

Nah agar lebih mudah dibersihkan, cobalah gunakan garam sebagai alat pembantu. Misalnya karpet ketumpahan minyak, raciklah larutan garam dan alkohol dengan perbandingan 1:4.

Kemudian celupkan kain bersih ke dalam larutan dan gosok noda bekas minyak kuat-kuat dengan mengikuti arah alur bulu karpet. Setelah itu bilas dengan air sampai bersih.

Itulah beberapa manfaat garam untuk membersihkan peralatan rumah tangga Anda. Selamat mencoba!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait