Jangan Abaikan, Inilah Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Tandaseru – Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah. Salah satu rempah-rempah yang dimiliki Indonesia adalah kunyit. Selain sebagai pelengkap makanan, kunyit juga memiliki segudang manfaat. Berikut manfaat kunyit yang baik untuk kesehatan tubuh!

Kunyit tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur saja, nyatanya kunyit berkhasiat untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan oleh masyarakat.

Kunyit mengandung senyawa kimia bernama kurkumin, yaitu zat yang berpotensi untuk membantu proses penyembuhan pada tubuh. Tentu, sayang jika anda lewatkan begitu saja! Yuk simak manfaat kunyit untuk kesehatan Anda.

Manfaat kunyit, membantu mengobati asam lambung

Penyakit yang seringkali diderita oleh banyak orang ialah asam lambung. Umumnya, penyakit ini terjadi akibat pola makan yang tidak teratur atau bahkan terlalu berlebihan mengonsumsi makanan tertentu.

Penyakit ini bisa diatasi, paling tidak terdapat satu sendok kunyit dalam masakan. Hal ini berkhasiat untuk membantu masalah pada organ pencernaan terutama usus besar dan lambung

Ruam kulit

Ruam kulit biasanya ditandai dengan munculnya bercak kemerahan. Tak perlu khawatir, meski ruam bisa hilang dengan sendirinya, tapi kondisi ini bisa mengakibatkan rasa perih jika dibiarkan terlalu lama.

Kondisi kemerahan pada kulit ini bisa kamu atasi dengan mengonsumsi ekstrak kunyit. Kandungan bahan kimiawi dalam kunyit dapat menenangkan kulit dan membuatnya kembali seperti semula.

Mengurangi rasa nyeri pada sendi atau osteoarthritis

Kunyit mengandung anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan nyeri sendi pada penderita osteoarthritis, yakni sebuah kondisi yang menyebabkan sendi nyeri, kaku, dan kehilangan fleksibilitasnya.

Sebuah penelitian menyatakan kinerja kunyit sebanding dengan ibuprofen dalam mengatasi osteoarthritis. Bila anda ingin mencoba mengurangi rasa sakit akibat osteoarthritis, anda bisa mengonsumsi ekstrak kunyit dosis 500 mg dua kali sehari.

Mengurangi buang gas pada pencernaan Anda

Ada banyak sekali manfaat dari kunyit yang bisa didapatkan. Salah satunya yaitu dapat digunakan untuk mengurangi buang gas pada pencernaan.

Kentut memang sangat penting untuk mengetahui baik atau tidaknya pencernaan Anda. Namun, jika jumlah kentut Anda berlebihan, hal ini justru menandakan pencernaan Anda sedang tidak baik.

Untuk mengatasinya, Anda cukup menuangkan satu sendok bubuk kunyit ke dalam satu gelas air hangat yang berukuran sedang. Konsumsi minuman ini selama 2 minggu untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Dispepsia atau maag

Kunyit dapat merangsang kantung empedu untuk menghasilkan empedu lebih optimal. Kondisi ini dipercaya dapat meningkatkan sistem pencernaan. Selain itu, mengonsumsi ekstrak kunyit juga bisa mencegah kembung pada penderita dispepsia atau maag.

Mencerahkan warna kulit wajah

Siapa sangka rempah-rempah berwarna kuning ini bisa mencerahkan kulit anda? Pigmen kuning alami ini nyatanya dapat membantu mencerahkan kulit wajah anda dengan cepat.

Anda bisa membuat masker alami dengan kunyit yang dicampur air lemon dan madu. Pakailah secara rutin hanya 10 menit setelah mandi dan liat hasilnya

Mengatasi masalah seputar menstruasi

Mungkin Anda sering melihat iklan minuman yang mengandung kunyit dipercaya mampu mengatasi rasa sakit akibat menstruasi?

Menurut penelitian konsumsi ekstrak kunyit dapat membantu mengatasi rasa sakit tersebut. Konsumsilah sekitar satu gelas ukuran kecil dalam sehari untuk meredakan dan melancarkan peredaran darah akibat menstruasi.

Ada begitu banyak manfaat kunyit yang bisa Anda dapatkan dari rempah-rempah tradisional khas Indonesia. Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas, tidak perlu lagi deh repot-repot mengonsumsi obat-obatan. Yuk beralih konsumsi tanaman herbal.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -