Pole Dance, Olahraga Seksi yang Punya Segudang Manfaat Untuk Kesehatan

Tandaseru – Pole dance atau lebih dikenal sebagai tari tiang adalah olahraga dengan memanfaatkan tiang untuk bergelayut, menari akrobatik sambil melawan gravitasi bumi. Banyak yang tertarik dengan olahraga ini karena manfaat pole dance sangat beragam.

Meski banyak yang berpikiran pole dance merupakan olahraga “nakal” dan seksi, namun tarian ini cukup memiliki banyak penggemar, terutama kaum hawa yang tinggal di perkotaan.

Bahkan menurut Internasional Pole Dance Fitness Association (IPDFA), manfaat pole dance setara dengan latihan kekuatan intensitas tinggi (HIIT).

Lalu apa saja hal baik yang bisa didapat dari olahraga ini? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari tarian seksi, pole dance.

Mengatasi gejala nyeri kronis adalah salah satu manfaat pole dance

Pola dance memiliki gerakan yang bertumpuan pada satu titik untuk memperkuat inti otot tubuh bagian atas dan bawah.

Sebagai contoh adalah gerakan headstand. Pada posisi ini akan membantu menguatkan otot leher sehingga secara perlahan dapat mengurangi rasa nyeri.

Harmonisasi gerakan dari pola dance inilah yang dapat membantu meredakan gejala rasa nyeri.

Bahkan situs Arthritis Foundation sangat merekomendasikan pola dance bagi para penderita radang sendi dan nyeri pinggul.

Mengencangkan otot-otot

Pole dance dapat membangun otot trisep paha bagian depan dan mengencangkan otot-otot lengan karena  latihan pole dance ini sama dengan latihan angkat besi.

Menurut salah satu instruktur pole dance di NY pole, gerakan pole dance mengharuskan Anda menggenggam dan memanjat tiang sambil menahan beban tubuh agar jangan sampai terjatuh.

Kombinasi antara latihan kekuatan, kelenturan tubuh dan daya tahan adalah salah satu manfaat dari gerakan memanjat tiang.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait