Mantan Anggota Komnas HAM RI: Polri Membutuhkan Sosok Jenderal Tito

JAKARTA (!) – Mantan anggota Komisi Nasional HAM Republik Indonesia Natalius Pigai menyebut untuk saat ini Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sangat membutuhkan sosok pemimpin seperti Jenderal Polisi H. Muhammad Tito Karnavian.

Pigai menilai Jenderal Tito adalah sosok yang bisa diandalkan saat instiusi Polri sedang berada di tengah-tengah tarikan dari segala macam bentuk kepentingan dan tekanan internasional yang masuk ke Indonesia.

“Kepentingan para pencari keadilan, kepentingan aktor-aktor pelaku kriminal, para punggawa politik, juga tekanan dunia internasional. Kepolisian ibarat diserbu dari 8 penjuru mata angin,” kata Natalius Pigai dalam keterangan tertulisnya, Kamis (01/02).

Menurutnya, Jenderal Tito adalah salah satu sosok yang saat ini selalu menegakkan hukum secara adil, apalagi saat ini Indonesia berada dalam tingkat politik yang tinggi. Namun, Tito dapat menjaga amanat yang dibebankan terhadapnya untuk institusi Polri dengan baik.

“Pasti senang jika dipuji, namun juga tetap saja menerima saat dihujat, dicaci dan maki. Yang paling penting adalah Jenderal Tito tetap berusaha untuk menegakan hukum secara berkeadilan,” ujarnya.

Mantan Staf Khusus Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini menyatakan Jenderal Tito juga dapat menjaga kestabilan untuk menegakkan Pancasila dan UUD, NKRI, dan asas kebhinekaan yang menjadi semboyan bangsa Indonesia.

Dia juga mencontohkan ketika mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama saat kasusnya sedang naik menjadi perbincangan publik.

“Proses hukum yang begitu cepat terhadap kasus penistaan agama yang dilakukan Ahok. Kepolisian berani mengambil keputusan saat adanya benturan tuntutan mayoritas umat muslim dan kepastian jaminan perlindungan bagi kaum minoritas. Di tengah dilema, kepolisian menegakkan keadilan dan pengadilan memutuskan Ahok bersalah,” ucapnya.

Lebih lanjut, Pigai menyatakan standar berpikir pada Jenderal Tito sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia untuk menegakan simbol-simbol negara adalah tentang Pancasila dan NKRI.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait