Mantan Bintang AC Milan Resmi Terpilih Jadi Presiden Liberia

MONROVIA (!) – Mantan bintang sepak bola George Weah resmi memenangkan Pemilihan Presiden Liberia, dan menggantikan Ellen Johnson Sirleaf pada Januari 2018.

Ini merupakan transisi demokrasi pertama di negara tersebut selama lebih dari 70 tahun.

Mengutip situs BBC, Jumat (29/12), Weah meraih suara mayoritas yakni sebesar 61,5 persen, disusul Joseph Boakai 38,5 persen, dari total suara yang dihitung yang mencapai 98,1 persen.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Liberia, Jerome Korkoyah, kepada wartawan di ibu kota Monrovia, Kamis (28/12) mengatakan, suara Weah tidak terkejar lagi oleh pesaingnya. Dengan demikian, ia resmi memenangkan pilpres kali ini.

Sementara itu, di kantor pusat partai Weah, Koalisi untuk Perubahan Demokratis (the Coalition for Democratic Change/CDC), wajah pria berusia 51 tahun itu tampak bahagia.

Ia pun menyapa para pendukungnya dari balkon. Di bawahnya, ratusan anak muda bernyanyi dan menari untuk pertunjukan live Hipco, musik hip hop Liberia yang populer dengan pemuda miskin di negara ini.

“Teman saya sesama Liberia. Saya sangat merasakan emosi seluruh bangsa. Saya menyadari bahwa pentingnya atas tanggung jawab dan tugas mulia yang saya raih hari ini. Perubahan sedang berjalan,” kata Weah, dengan mata berkaca-kaca.

George Weah.
Presiden Liberia terpilih, George Weah.

Weah dibesarkan di permukiman kumuh di Clara Town, Monrovia, dan kemudian menjadi satu-satunya orang Afrika yang memenangkan Pemain Terbaik Dunia FIFA.

Ia sukses bersama tiga klub besar yaitu AC Milan, Paris St Germain dan Chelsea. Sebelumnya, Weah ikut bertarung dalam Pilpres Liberia pada 2005.

Weah sempat memenangkan putaran pertama, namun kemudian kalah di putaran kedua oleh Ellen Johnson Sirleaf.

Liberia didirikan oleh budak Amerika Serikat yang dibebaskan pada 1847. Liberia adalah negara republik modern tertua di Afrika.

Namun, perpindahan kekuasaan demokratis terakhir terjadi pada 1944. Selebihnya, Liberia dilanda kudeta militer dan perang sipil berkepanjangan sejak 1980 hingga 2003.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -