Marquez dan Rossi Sepakat Soal Kondisi Sirkuit Austin

Tandaseru.id – Pebalap andalan Movistar Yamaha, Valentino Rossi khawatir dengan kondisi sirkuit Austin lantaran banyaknya tonjolan dilintasan balap.

Memang, kondisi tersebut boleh dibilang merupakan masalah klasik yang tak pernah berubah dari tahun ke tahun.

“Hal itu dikarenakan pada lintasan terdapat tiga atau empat tonjolan yang sangat besar, itu akan sangat menyulitkan,” kata Rossi seperti dilaporkan Crash, Sabtu (21/4/2018).

Meski demikian, Rossi menyatakan sangat menyukai Sirkuit tersebut karena memiliki banyak tantangan untuknya, sehingga akan membuatnya mampu mengembangkan kemampuannya.

“Lintasan ini bagus untuk ditaklukkan karena memiliki rintangan yang rumit, saya juga sangat menyukainya,” tegas Rossi lagi.

Pasalnya, diungkapkan Rossi, motor yang melaju dengan kecepatan lebih dari 300 Km per jam akan menghadapi situasi kritis.

Sementara itu, hal serupa juga diungkapkan Marquez, menurutnya sirkuit tersebut tidak mengalami perubahan berarti jelang balapan seri ketiga MotoGP 2018.

Seperti pesaingnya (Rossi), Marquez juga mengeluhkan banyaknya tonjolan yang terdapat di lintasan, terutama pada tikungan.

Tonjolan tersebut menurut Marquez akan berpengaruh pada jalannya balapan. Bahkan, pada sesi latihan bebas, Marquez merasa tidak nyaman memacu motornya.

“Setiap pebalap tentua tidak mengharapkan hal itu, tetapi tampaknya itu yang akan kami hadapi,” kata Marquez, seperti dikutip dari MotoGP, Sabtu (21/4/218).

Bahkan, Marquez dan para pebalap lainnya telah meminta penyelenggara untuk mengurangi beberapa tonjolan yang terdapat di lintasan di musim lalu.

“Faktanya setiap kali hadir ke sini, lintasan selalu mulus tetapi tetap terdapat tonjolan khusunya di tikungkan,” ujar Marquez.

Apapun kondisi Sirkuit Austin, baik Rossi maupun Marquez menyatakan akan berusaha untuk menjadi juara di sirkuit tersebut.

Apalagin Marquez selalu menjadi yang tercepat di sirkuit tersebut sejak 2013 hingga 2017 atau sejak Sirkuit Austin digunakan untuk balapan MotoGP.

Penyebab Tonjolan

Penyebab banyaknya tojolan di Sirkuit Austin diperkirakan disebabkan akibat dari ajang mobil balap Formula One (F1), yang juga menggunakan sirkuit tersebut.

Pihak penyelenggara sebenarnya telah berusaha memperbaki masalah tersebut sebelum balapan dilangsungkan.

Ya, penyelenggara telah membuat lintasan lebih rata dengan menggunakan truk penggiling dan melakukan perbaikan yang difokuskan pada titik-titik yang terdapat banyak tonjolan.

Faktanya, tonjolan tetap ada dan siap menghambat serta memberi tantangan tersendiri buat para pebalap MotoGP.

 

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -