Masa Penahanan Eni Saragih Diperpanjang

Tandaseru – Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK) melakukan perpanjangan penahanan terhadap Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eni Maulani Saragih.

“KPK lakukan perpanjangan penahanan terhadap EMS(Eni Maulani Saragih-Wakil Ketua Komisi VII DPR RI selama 30 hari dari 12 Oktober hingga 10 November 2018,”ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Rabu(10/10/2018).

Febri mengatakan, penyidik akan terus menggali peran pihak lain, termasuk salah satunya Dirut PLN Sofyan Basir yang belakangan disebut dalam surat dakwaan Johanes Budisutrisno Kotjo sebagai pihak yang turut berperan dalam memuluskan Blackgold Natural Resources sebagai penggarap proyek tersebut.

Bahkan, Eni sendiri telah berulangkali mengungkap peran Sofyan dalam pembahasan proyek tersebut. “KPK sedang terus memperkuat bukti-bukti dalam kasus ini dan dalam waktu 30 hari di perpanjangan penahanan kedua ini akan menyelesaikan proses Penyidikan dan lanjut pada tahap berikutnya,”tegas Febri.

KPK menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus dugaan suap proyek pembangunan PLTU Riau-I, yakni bos Blackgold Natural Recourses Limited Johannes Budisutrisno Kotjo (JBK) yang sudah menjadi terdakwa, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI EniMaulani Saragih (EMS), serta mantan Menteri Sosial Idrus Marham (IM).

Eni bersama dengan Idrus diduga menerima hadiah atau janji dari Kotjo. Eni diduga menerima uang sebesar Rp6,25 miliar dari Kotjo secara bertahap. Uang itu adalah jatah Eni untuk memuluskan perusahaan Kotjo sebagai penggarap proyek PLTU Riau-I.

Penyerahan uang kepada Eni tersebut dilakukan secara bertahap dengan rincian Rp4 miliar sekitar November-Desember 2017 dan Rp2,25 miliar pada Maret-Juni 2018‎. Idrus juga dijanjikan mendapatkan jatah yang sama jika berhasil meloloskan perusahaan Kotjo.

Kotjo didakwa melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 64 ayat 1 KUHP.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -