Mirip Jerawat, Tapi Bukan Apa Sebenarnya Masalah Kulit Tersebut?

Tandaseru – Kadang ada masalah kulit yang tidak banyak orang ketahui, bahkan ada menyerupai jerawat padahal bukan. Seperti masalah kulit mirip jerawat yang harus dipahami berikut ini!

Ternyata ada banyak orang yang salah mengira. Ada sejumlah kondisi kulit yang serupa dengan jerawat namun pada kenyataannya masalah tersebut bukan jerawat. Mau tahu masalah penyakit apa saja yang memiliki kondisi atau kenampakkan seperti jerawat?

Rosacea salah satu masalah kulit mirip jerawat yang harus dipahami

Punya karakter yang serupa dengan jerawat, Rosacea adalah kondisi kulit yang memunculkan benjolan merah seperti jerawat di area pipi. Tapi bukan hanya di pipi, rosacea juga dapat muncul dan menyebar di tengah wajah seperti di dahi.

Benjolan ini biasanya dapat muncul diakibatkan oleh konsumsi makanan yang punya kandungan histamin, kafein serta alkohol.

Perioral dermatitis

Seperti jerawat yang beruntusan, perioral dermatitis merupakan kondisi kulit seperti benjolan-benjolan merah yang kebanyakan muncul pada area sekitar mulut.

Biasanya kondisi kulit semacam itu dikarenakan oleh penggunaan obat oles streroid. Tapi, terkadang juga bisa disebabkan oleh adanya kandungan fluoride yang terdapat dalam pasta gigi yang kerap digunakan.

Sebaceous hyperplasia

Lain lagi dengan kondisi kulit satu ini, jika sebelumnya menampakkan keadaan kulit yang memerah, tapi untuk masalah kulit ini biasanya tak terlihat begitu kemerahan.

Sekalipun tidak merah, tapi cukup tetap saja mengganggu penampilan. Sebaceous hyperplasia kerap muncul pada area sekitar dahi, hidung dan juga dagu.

Folliculitis

Untuk kondisi kulit satu ini sedikit lebih ekstrim, pasalnya bukan hanya nampak kemerahan, tapi benjolan yang muncul mengeluarkan nanah layaknya jerawat.

Tapi untuk kasus folliculitis, biasanya nanah terjadi akibat peradangan pada folikel rambut. Biasanya kondisi kulit tersebut muncul pada cuaca yang cenderung panas. Bukan hanya di wajah, folliculitis pun bisa muncul pada area paha, punggung, bokong, ketiak serta leher.

Nah, jadi tidak semua benjolan kemerahan itu langsung dianggap sebagai jerawat, karena ada beragam masalah kulit mirip jerawat yang harus dipahami. Semoga bermanfaat!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait