Bukan Masuk Angin, Tiga Hal ini Bisa Bikin Perut Kembung

Tandaseru – Sebagian besar orang pasti pernah mengalami masalah perut kembung. Hal ini sering ditandai dengan rasa penuh di dalam perut. Ya, perut seakan ingin pecah bukan? Bahkan ketika perut ditepuk akan berbunyi seperti gendang.

Nah, tak jarang pula perut kembung ini dikaitkan orang yang sedang ‘masuk angin‘, padahal tidak selalu orang mengalami perut kembung karena masuk angin loh.

Penasaran mengapa perut Anda selalu merasa kembung? Simak yuk tiga penjelasannya di bawah ini.

Masalah perut kembung bisa karena mengalami intoleransi laktosa

Ternyata banyak loh, orang yang mengalami intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa sendiri adalah ketika tubuh seseorang tidak mampu memecah gula alami laktosa yang ditemukan di dalam susu.

Ketika seseorang terlalu banyak mengonsumsi produk susu dan ia tidak toleran terhadap laktosa. Apalagi jika ditambah usus kecil tidak dapat menghasilkan enzim yang cukup untuk mencerna laktosa.

Hal yang akan terjadi nantinya, Anda akan memiliki masalah perut kembung. Ingin menghindarinya?

Tentunya Anda perlu sedikit ‘trial and error’ untuk mencari tahu makanan apa yang sebenarnya kurang bersahabat dengan sistem pencernaan Anda.

Makan terlalu cepat

Buatlah jadwal makan yang lebih teratur, sebab jika Anda terlalu cepat maka hanya akan membuat perut menjadi kembung.

Ketika seseorang makan terlalu cepat, tubuh tidak punya waktu untuk ‘melacak’ apa yang  dikonsumsi loh.

Apalagi jika ditambah Anda hanya sedikit mengunyah makanan, hal itu bisa membuat tubuh menjadi sulit untuk memecahkan dan mencerna makanan.

Hal ini terjadi karena saat makan udara yang tertelan dalam jumlah besar bisa menyebabkan perut kembung. Makan juga perlu hati-hati ya!

Terlalu banyak makan dan makan tidak teratur

Nah ternyata makan terlalu banyak juga bisa jadi penyebab paling umum perut kembung loh. Walaupun perut bersifat elastis dan bisa meregang, namun perut seseorang juga memiliki kapasitas terbatas.

Jangan dipaksakan jika sudah terlalu kenyang, apabila makan lebih banyak dari kapasaitas perut, tubuh akan bekerja lebih keras untuk mencernanya.

Maka dianjurkan makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Hal ini untuk mencegah makan berlebih. Jangan lupa agar makan dengan perlahan ya.

Selain itu, Anda perlu makan dengan rentan waktu yang teratur. Misalnya ketika Anda melewatkan sarapan, hal ini bisa menyebabkan sistem pencernaan dan metabolisme Anda menurun.

Apalagi jika ditambah makan lebih banyak pada saat makan siang untuk menunaikan rasa lapar itu, tentunya hal tersebut membuat perut Anda jadi kembung.

Asupan makanan yang tiba-tiba besar dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan kadar insulin yang membuat Anda merasa kenyang.

Alhasil, Anda akan mengalami ketidaknyamanan, bahkan memperburuk masalah perut kembung. Tidak mau mengalami perut kembung? Ingat tiga hal diatas ya, semoga bermanfaat.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -