Bak Kerajaan Tempo Dulu, Masjid Agung Sumenep ini Indah Banget!

Tandaseru – Kemegahan masjid di Indonesia memang tak ada bandingnya, salah satu masjid yang ikonik adalah Masjid Agung Sumenep yang nampak seperti bangunan kerajaan tempo dulu!

Akhir pekan kembali tiba, jika berkunjung ke pulau Madura, maka tak ada salahnya untuk berkunjung juga ke sejumlah bangunan bersejarah di sana.

Tak cuma kuliner, beragam bangunan-bangunan ikonik yang khas kota sana pun banyak, salah satunya adalah keberadaan Masjid Agung Sumenep yang bukan sekedar megah, tapi juga instagramable loh.

Masjid Agung Sumenep jadi salah satu masjid tertua di Indonesia!

Ternyata destinasi wisata religi yang ikonik di Madura ini merupakan bangunan yang disebut-sebut sebagai salah satu dari masjid tertua yang ada di Indonesia.

Hal tersebut nampak dari gaya arsitekturnya yang terlihat klasik dengan perpaduan berbagai budaya yang tentu jadi daya tarik tersendiri untuk sebuah tempat ibadah.

Bukan itu saja, yang menonjol dari bangunan masjid tersebut, nampak jelas dari luar warna yang didominasi putih serta kuning keemasan, sangat menarik dan fotogenik.

Interior dalam masjid pun senada dengan tampak luarnya, terlihat megah dan klasik dengan kehadirian sejumlah tiang-tiang yang besar dan pintu serta jendela kayu ukir.

Masjid megah yang ternyata juga dekat dengan pantai!

Berada di pusat kota, Masjid Agung Sumenep ini sering jadi tempat singgah para wisatawan yang ingin ke pantai-pantai cantik yang ada di Sumenep.

Sejumlah pantai yang tak terlalu jauh dari masjid di antaranya, Pantai Sembilan, Lombang, Slopeng, Ropet serta Ponjuk.

Jadi sebelum atau sesudah berwisata ke pantai-pantai tersebut, bisa langsung mampir ke Masjid Agung Sumenep untuk beribadah sekaligus mengagumi kemegahan bangunan yang sudah didirikan sejak 1779-1787.

Karena usianya tersebut, maka tak heran jika dijadikan salah satu dari 10 masjid tertua di Indonesia. Panembahan Somala, penguasa Keraton Sumenep di masa itu adalah pembuatnya.

Dulu, masjid tersebut adalah bangunan pendukung dari keraton, hal itu kemungkinan besar yang membuat bentuk masjid tersebut layaknya kerajaan tempo dulu.

Gaya arsitekturnya perlambang kerukunan antar etnis!

Gaya arsitekturnya pun bukan sembarangan, ternyata bentuknya yang unik itu menggambarkan kerukunan antar etnis yang ada dan hidup saling berdamping di Pulau Madura. Mulai dari etnis Madura, Jawa, Tionghoa sampai Eropa.

Pada gerbang utamanya yang besar dan megah itu terdapat ukiran-ukiran cantik yang dipengaruhi oleh arsitektur khas China. Jika masuk lebih ke dalam masjid, maka akan terlihat atapnya yang berbentuk tajug yang sangat khas arsitektur Jawa.

Selain itu, pewarnaan pintu dan jendela yang mencolok pun nampak khas Madura yang mencolok dengan warna kuning, hijau serta putih.

Gaya arsitektur Portugis atau Eropa bisa ditemukan pada menara yang dimiliki tempat ibadah yang juga dijuluki Masjid Panembahan Somala itu. Letaknya berada di sebelah barat, setinggi 50 meter.

Sudah sekitar 2,5 abad usai masjid itu selesai dibangun, bangunan megah nan indah itu masih jadi landmark kebanggaan dari warga Kabupaten Sumenep dan Madura tentunya.

Tertarik untuk mampir dan berfoto dengan latar belakang gerbang Masjid Agung Sumenep yang menyerupai istana kerajaan tempo dulu tersebut?

Kumpulan Berita Terkait