Melihat Lieus Sungkharisma, Ahmad Yani: Seharusnya Penangguhan Eggi Sudjana Diterima

Tandaseru – Tim Advokasi Pembela Kedaulatan Rakyat, Ahmad Yani menyebut polisi seharusnya menerima penangguhan penahanan yang diajukan tersangka kasus dugaan makar, Eggi Sudjana seperti Lieus Sungkharisma yang telah bebas setelah penangguhan penahanannya diterima.

“Saudara Lieus bisa ditangguhkan, kalau yang lain bisa ditangguhkan seyogyanya Eggi harus ditangguhkan. Apalagi ada yang menjamin. Saya dengar Pak Zulkifli Hasan siap berikan jaminan sebagai Ketum PAN,” kata Ahmad Yani di Polda Metro Jaya, Senin (10/6).

Ahmad yakin kerabatnya itu tak akan menghilangkan barang bukti. Maka itu, Eggi dinilai juga pantas ditangguhkan.

“Sesungguhnya penahanan itu kalau kita mengacu pada KUHP kan pengecualian bukan keharusan. Penahanan itu dilakukan jika orang itu menghilangkan barbuk, melarikan diri. Kami meyakini Eggi akan mengikuti proses hukum yang ada,” ujar Ahmad.

Sebelumnya, permohonan penangguhan penahanan menjadi tahanan kota terhadap Eggi Sudjana ditolak Polda Metro Jaya. Kebijakan ini dilakukan setelah evaluasi mendalam tim penyidik.

“Sampai sekarang dari penyidik keputusannya belum mengabulkan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di KM 39 Tol Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (8/6).

Namun, Argo enggan membeberkan alasan tak mengabulkan permohonan itu. Meski dua politikus Partai Gerindra Fadli Zon dan Sufmi Dasco Ahmad menjamin penangguhan penahanan untuk Eggi, wewenang ada di tangan penyidik.

“(Alasannya) subyektifitas penyidik,” ujar Argo.

Masa penahanan Eggi Sudjana juga telah diperpanjang. Sejatinya, Eggi hanya ditahan selama 20 hari sejak 14 Mei 2019 dan selesai pada 2 Juni 2019.

Namun, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu kembali ditahan sejak 3 Juni 2019. Penahanan diperpanjang hingga 40 hari ke depan terhitung dari 3 Juni 2019.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait