Memaknai Patriotisme

Beberapa hari ini tetangga saya terlihat sibuk memasang dan mengibarkan bendera merah putih di pagar serta halaman rumah mereka.

Tidak lama kemudian saya mendengar suara seorang Kakek berbicara kepada cucunya yang akan berangkat ke sekolah dasar bahwa merah putih adalah simbol patriotisme bangsa Indonesia yang begitu mulia dan agung.

Saat mendengarkan suara Kakek yang berbicara tadi, batin saya menangkap semangat patriotik yang begitu kuat pada dirinya.

Berbicara tentang patriotisme, saya pasti teringat dengan nasihat Ibu kepada kami. Nasihat Ibu tentang patriotisme adalah tentang cinta dan memberi kebaikan kepada sesama.

Nilai patriotisme sejati bagi Ibu adalah bagaimana kami bisa memberikan yang terbaik dari diri kami pribadi yang dilandasi rasa cinta sebagai sesama mahluk.

Dalam kehidupan sebagai bangsa, kita semua berutang pada visi bersama yang disebut sebagai Indonesia.

Kita semua boleh saja mengaku memiliki Indonesia. Tetapi pengakuan itu harus dilandasi dengan rasa cinta serta memberikan yang terbaik kepada sesama manusia Indonesia.

Sejarah peradaban sudah membuktikan bahwa kemajuan dan kemuliaan sebuah bangsa sangat tergantung dari kualitas sumber daya manusia yang hidup di dalamnya.

Semakin unggul kualitas sumber daya maka akan semakin maju bangsa dan negaranya.

Mendadak saya rindu akan merdunya nyayian Ibu di masa kecil dulu. . .

Tanah air ku tidak kulupakan

Kan terkenang selama hidupku

Biarpun saya pergi jauh
Tidak kan hilang dari kalbu

Tanah ku yang kucintai

Engkau kuhargai

Dirgahayu Negeriku!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait