Mendagri: Akan Ada Patung Soekarno di Setiap Tempat yang Pernah Disinggahnya

Tandaseru – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan akan membangun patung Soekarno beserta lambang Garuda Pancasila di semua tempat pesinggahan presiden RI pertama itu.

Hal itu diutarakan Tjahjo kepada wartawan usai meresmikan patung Soekarno di Ende, NTT, Jumat (1/6/2018).

Seperti diketahui, Kota Ende, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur, merupakan tempat Soekarno diasingkan pada 1934-1938 silam.

“Ya, di mana setiap tempat persinggahan Bung Karno di Indonesia akan dibangun patung Soekarno,” kata dia.

Tjahjo juga mengatakan, sebelumnya Kemendagri telah meresmikan patung Soekarno di Saumlaki, Provinsi Maluku.

“Zaman dulu dari Batavia ke Saumlaki butuh waktu sampai berbulan-bulan. Bung Karno harus naik kapal untuk melihat pulau terluar di dekat Australia dan Sangir Talaud (berbatasan dengan Filipina),” katanya.

Menurut Tjahjo Kumolo, pembangunan monumen tersebut bukan untuk menghormati patung secara fisik namun api semangat dari sosok Bung Karno sebagai pencetus Pancasila yang dikedepankan.

“Presiden Joko Widodo telah mengamanatkan kepada semua jajaran pemerintahan untuk meluruskan sejarah perjuangan parah pendiri bangsa dan negara Indonesia,” tegasnya.

Apalagi, Soekarno adalah tokoh proklamator, presiden pertama Indonesia serta penggagas Pancasila yang harus terus dikenang selama negara Indonesia berdiri.

“Sampai kapanpun semua generasi bangsa harus tetap diingatkan tentang tokoh-tokoh pendiri bangsa,” pungkas Tjahjo.

 

Kumpulan Berita Terkait