Megahnya Masjid Kowlon di Hong Kong, Bukti Toleransi itu Nyata!

Tandaseru – Memang seperti yang telah diketahui, Hong Kong memiliki mayoritas pemeluk agama non Muslim yang cukup besar. Walaupun begitu, terdapat masjid megah bukti toleransi di sana. Yuk, mengenal masjid Kowlon di Hong Kong!

Masjid Kowloon atau yang disebut juga Masjid dan Islamic Center Kowloon ini berada di Hong Kong, Tiongkok dan merupakan masjid kedua dari lima masjid utama yang tersebar di Tiongkok.

Keberadaan masjid itu pun telah dijadikan landmark yang terkenal di kalangan komunitas muslim yang berada di Hong Kong.

Lebih mengenal masjid Kowlon di Hong Kong agar lebih tahu soal agama dan toleransi!

Masjid tersebut berdiri di jantung kota Hong Kong tepatnya berlokasi di Haiphong Road dan Nathan Road, masjid terbesar ini memiliki luas tanah 1.500 meter persegi.

Bukan hanya dijadikan sebagai tempat ibadah, tapi juga dijadikan tempat belajar agama Islam. Bahkan banyak turis datang untuk beribadah di tempat tersebut, bukan hanya orang Hong Kong tapi orang dari Asia Selatan sampai Indonesia juga datang ke sana.

Dapat menampung 3500 orang

Masjid yang bisa dikatakan sebagai bangunan megah itu terdiri dari sejumlah ruangan, di antaranya aula, tempat belajar baca Al-Quran, perpustakaan serta klinik.

Untuk ruangan di lantai 1 sendiri mampu menampung sekitar 1000 orang, ditambah menampung 1500 murid yang biasa belajar membaca Al-Quran di sana.

Jadi jika ditotal masjid Kowloon diperkirakan dapat menampung 3500 orang! Jumlah yang cukup banyak untuk rumah ibadah di tengah penduduk mayoritas non Muslim.

Biasanya, selama Ramadhan para pengurus masjid tersebut akan menyajikan makanan berbuka puasa bagi siapapun yang ingin berbuka bersama di sana. Tapi banyak juga mereka yang justru datang sambil membawa makanan agar saling berbagi.

Minoritas, tapi beribadah di sana bisa sangat khusyuk!

Pada bangunan yang dirancang oleh arsitek IM Kadri ini bukan hanya megah dan indah, tapi juga begitu tenang dan nyaman.

Pasalnya, sekalipun berada di pusat kota dan di tengah masyarakat Hong Kong yang mayoritas beragama non Muslim, beribadah bahkan menjalankan ibadah puasa di tempat ini begitu khusyuk tanpa harus takut terganggu oleh apapun.

Tak sulit untuk mengunjungi masjid ini!

Jika kebetulan berlibur ke Hong Kong maka wajib banget untuk berkunjung ke masjid ini, selain dapat berwisata religi, melihat langsung suasana toleransi di sana pasti akan jadi pengalaman menarik.

Nah, untuk menuju ke masjid itu tak terlalu sulit, wisatwan bisa menggunakan MRT arah Tsim Sha Tsui lalu menuju pintu exit A1 belok kiri.

Dengan mengunjungi dan mengenal masjid Kowlon di Hong Kong ini bisa dijadikan pelajaran untuk saling bertoleransi, saling menghargai satu sama lain dan hidup berdampingan secara harmonis.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -