Jika Mengidap Prediabetes, 4 Perubahan Gaya Hidup Ini Wajib Dilakukan!

JAKARTA  (!) – Penyakit diabetes sering menjadi ancaman serius bagi manusia. Sementara Orang yang mengidap prediabetes pun harus mengubah gaya hidupnya sebelum berlanjut menjadi diabetes tipe 2.

Prediabetes merupakan kondisi dimana seseorang memiliki kadar gula di atas normal tetapi belum bisa didiagnosis sebagai diabetes.

Perubahan gaya hidup menjadi salah satu andalan agar terhindar dari penyakit tersebut. Berikut perubahan gaya hidup yang patut dilakukan pada penderita prediabetes.

Pola Makan

Perbanyak asupan sayur dan buah, serta protein tanpa lemak. Penelitian menunjukkan mengonsumsi kayu manis juga bisa menurunkan kadar gula darah.

Lebih Aktif Bergerak

Berolahraga tidak harus yang berat, minimal jalan cepat setiap hari selama 30 menit. Olahraga ini dapat mencegah kenaikan gula darah setelah makan, otot yang aktif akan menggunakan insulin lebih efisien.

Baca Juga:

Turunkan Berat Badan

Jenis makanan karbohidrat menjadi sumber kalori pemberi energi dan sumber kenaikan gula dalam darah hingga sering mengalami kelebihan berat badan. Kehilangan 7% dari total berat badan, bisa turunkan risiko diabetes sampai 58%.

Obat-Obatan

Perubahan gaya hidup untuk prediabetes merupakan cara yang mutlak untuk menurunkan risiko diabetes.

Namun jika perubahan gaya hidup tidak membantu, biasanya dokter akan merespkan obat yang bekerja dengan cara menurunkan produksi glukosa di liver dan meningkatkan sensitivitas insulin.(put)

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -