Tanda Seru
Cek Fakta Berita di Indonesia

Menkeu Gunakan Tax Amnesty dan AeOi untuk Capai Target Pajak 2018

JAKARTA (!)  – Pemerintah akan mengejar penerimaan pajak pada 2018 dengan memanfaatkan data tax amnesty dan AeOi yang telah dimiliki oleh otoritas pajak.

Data tersebut diperoleh dari program Amnesti Pajak serta kebijakan Pertukaran Informasi Secara Otomatis (AeOI) yang berjalan mulai pertengahan 2018.

Pemerintah dalam APBN 2018 telah menargetkan penerimaan perpajakan sebesar Rp1.618,1 triliun. Sementara realisasi penerimaan pajak hingga akhir 2017 mencapai Rp1.339,8 triliun atau sekitar 91 persen dari target APBNP sebesar Rp1.472,7 triliun.

“Kita akan mencari melalui data tax amnesty yang kemarin kita peroleh, serta AeOI yang akan dimulai pada 2018,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Selasa (2/1).

Untuk mencapai target itu, kata Sri Mulyani institusi pajak akan melakukan penyelarasan data laporan keuangan para wajib pajak dengan otoritas kepabeanan.

“Kita akan melakukan pelapisan informasi data Wajib Pajak dengan data kepabeanan agar terjadi konsistensi, kalau ada Wajib Pajak yang masih punya tiga-empat versi laporan keuangan, kita rapikan,” jelasnya.

Sementara itu, kata Sri Mulyani akan dilakukan kajian untuk mengurangi beban dari masing-masing kantor pelayanan pajak agar bisa fokus dalam mengamankan penerimaan pajak. Pasalnya, beban kerja dari kantor pelayanan pajak meningkat dan tidak seimbang seiring dengan peningkatan jumlah Wajib Pajak.

Menkeu optimistis berbagai upaya tersebut serta target penerimaan pajak di 2018 yang lebih realistis bisa mendukung pencapaian pendapatan dari sektor pajak. (Ant)

Anda mungkin juga berminat