Menko Polhukam, Panglima TNI, dan Kapolri Berdialog dengan Tokoh Masyarakat, Agama dan Adat di Jayapura

Tandaseru – Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian bersama Menko Polhukam Wiranto, Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto,dan segenap rombongan melakukan tatap muka dan dialog dengan perwakilan Tomas, Toga, dan Todat Papua.

Kedatangan rombongan disambut hangat oleh Forkopimda dan para perwakilan tokoh-tokoh. Dialog tersebut berlangsung di VIP Room Lanud Silas Papare, Rabu (9/10) pagi waktu setempat.

Kapolri didampingi oleh Kabaintelkam Polri, Komjen Pol Agung Budi Maryoto, Asops Kapolri, Irjen Pol Martuani Sormin,dan Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo.

Menko Polhukam menyampaikan salam dari Presiden Jokowi kepada segenap tokoh yang hadir. Kedatangan mereka ke Papua diutus Presiden untuk mendengarkan langsung aspirasi dari masyarakat pascakerusuhan di Papua.

Dengan dialog ini diharapkan bisa segera ditindaklanjuti dengan menyusun kebijakan terbaik untuk memulihkan kembali kondisi sosial ekonomi di Papua baik oleh Pemerintah Pusat maupun Daerah.

Beberapa perwakilan tokoh seperti dari Kerukunan Masyarakat Toraja, Himpunan Masyarakat Jawa Madura, dan Tokoh Adat dari Papua secara bergiliran menyampaikan aspirasinya, yang secara umum mereka sangat mengharapkan Papua dapat kembali dibangun secara bersama-sama.

Selain itu jaminan keamanan dari TNI-Polri dan dukungan untuk memproses hukum bagi pihak yang menyebabkan kerusuhan serta korupsi juga tidak lupa disampaikan.

Kapolri dengan tegas menyampaikan Polri bersama TNI menjamin keamanan di seluruh wilayah Papua, bahkan siap mengirimkan tambahan pasukan demi memberikan rasa aman kepada masyarakat di Papua.

Menko Polhukam menekankan kedamaian di tanah Papua harus terus terjalin, dan setuju bahwa oknum-oknum penyebab kerusuhan dan yang melakukan korupsi akan ditindak secara hukum oleh Polri bersama TNI.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait