4 Pilihan Menu Buka Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes

Tandaseru – Semua orang tentu tidak ingin melewatkan ibadah puasa yang wajib bagi umat Islam ini, termasuk juga bagi penderita diabetes. Anda mungkin juga memikirkan kira-kira apa pilihan menu buka puasa untuk penderita diabetes.

Menu buka puasa yang aman dan sehat untuk penderita diabetes tentu jadi hal yang utama. Sebab jika salah pilih makanan saat berbuka malah bisa membuat gula darah kembali naik.

Namun tenang saja, tak perlu bingung lagi untuk menyiapkan makanan sehat untuk penderita diabetes selama bulan Ramadhan. Sontek pilihan menunya berikut ini!

Menu buka puasa untuk penderita diabetes yang pertama adalah ikan panggang

Penderita diabetes berisiko tinggi terkena penyakit jantung dan stroke. Dibutuhkan asupan DHA dan EPA yang cukup agar pembuluh darah jadi lebih sehat.

DHA dan EPA berfungsi untuk mengurangi peradangan, melindungi sel-sel di sepanjang pembuluh darah, dan mengoptimalkan fungsi pembuluh arteri.

Anda bisa memasak ikan tuna panggang, hindari memasak ikan dengan cara digoreng karena bisa menambahkan jumlah lemak dan kolesterol dalam tubuh.

Supaya lebih sehat, tambahkan kentang panggang, potongan wortel, buncis, dan sayuran favorit Anda lainnya. Menu buka puasa ini sangat lezat, sehat, dan aman bagi penderita diabetes.

Jus sayur dan buah

Jus sayur seperti jus bayam, brokoli, atau wortel bisa menjadi menu buka puasa yang praktis dan sehat karena mengandung serat dan air yang tinggi.

Tidak hanya aman bagi gula darah, kedua jus tersebut bisa membuat kulit jadi lebih sehat serta mencegah sembelit selama berpuasa.

Jus buah juga aman untuk penderita diabetes karena jus buah mengandung gula sederhana yang aman untuk kadar gula darah.

Tentunya jus buah buatan sendiri berbeda dengan jus buah kemasan yang dijual di pasaran. Sebab beberapa jus kemasan mengandung gula tambahan yang tentunya tidak aman untuk kesehatan penderita diabetes.

Saat menyiapkan menu buka puasa Ramadhan, buatlah jus buah sehat versi Anda sendiri dengan tidak menambahkan gula. Rasa manis alami dari buah sudah cukup untuk menyegarkan waktu buka puasa Ramadhan Anda.

Kolak pisang

Jangan khawatir, kolak pisang juga boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes, loh! Tetapi buatlah kolak pisang versi Anda sendiri agar lebih sehat.

Caranya, ganti santan dengan yogurt atau susu skim rendah lemak. Keduanya dapat membantu menjaga gula darah tetap normal, sehingga aman bagi penderita diabetes.

Kurma 3 butir

Bagi Anda yang punya diabetes, boleh saja mengonsumsi kurma saat berbuka puasa. Tapi hanya boleh makan kurma maksimal 3 butir setiap hari.

Kandungan serat dalam kurma dapat membantu mengendalikan gula darah selama puasa Ramadhan.

Serat kurma mampu memperlambat proses pencernaan makanan, sehingga gula darah Anda tidak melonjak tinggi setelah makan.

Satu buah kurma mengandung 1 sendok teh gula, 20 kalori, dan 5,3 gram karbohidrat. Sedangkan jumlah asupan karbohidrat yang aman bagi penderita adalah 15 gram.

Itulah sebabnya, penderita diabetes hanya boleh makan kurma maksimal 3 butir setiap hari supaya asupan karbohidratnya tetap terjaga.

Jadi, sudahkah menemukan pilihan menu buka puasa untuk penderita diabetes yang akan Anda disajikan hari ini?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait