Bukan Ketupat, ini 4 Menu Lebaran Dari Berbagai Negara yang Lezat!

Tandaseru – Jika di Indonesia punya menu Lebaran yang khas seperti ketupat dan opor ayam, di belahan dunia lain tentu memiliki hidangan khusus untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Seperti apa ya menu Lebaran dari berbagai Negara tersebut?

Di dunia ini ada banyak makanan lezat yang biasa disajikan saat menyambut hari kemenangan tiba. Seperti yang telah diketahui, bukan hanya Indonesia, di sejumlah negara lainnya juga terdapat makanan-makanan enak yang pastinya bisa bikin ngiler saat Lebaran.

Agar semakin banyak tahu tentang perayaan Lebaran di negara lain, yuk kepoin makanan apa saja yang khas disajikan hanya di waktu Idul Fitri!

Salah satu menu Lebaran dari berbagai negara adalah Maamoul

Kue kering memang jadi salah satu hidangan menggugah selera setiap Lebaran. Nah, di Suriah dan Lebanon terdapat kue kering tradisional yang dijadikan camilan saat Idul Fitri.

Maamoul merupakan kue kering dengan taburan gula halus dan tersedia dalam beragam isian seperti kurma, pistachio dan juga kenari. Bukan hanya manis, kudapan ini pun pasti enak dinikmati bersama teh atau kopi.

Cambaabur

Selain kue kering, di Somali ada satu roti khas yang disajikan setiap Lebaran tiba. Bentuk rotinya menyerupai pancake yang bulat dan pipih, hanya saja kue ini bisa lebih tipis lagi.

Bukan itu saja, bedanya dengan pancake, roti ini punya tekstur dan aroma rempah yang kuat dan biasa disajikan bersama taburan gula merah atau bisa juga dengan yogurt.

Lokum

Nah, kalau makanan satu ini menyerupai permen jelly yang biasa tersedia di Indonesia. Orang-orang di Turki biasa menjadikan Lokum juga sebagai hidangan khas ketika Lebaran.

Perbedaannya dengan permen jelly di Indonesia terletak pada isiannya. Lokum umumnya terbuat dari pati gula dan punya isian beraneka ragam di antaranya kurma dan walnut. Selain kenyal, kudapan tersebut juga punya warna yang pasti disukai banyak anak kecil.

Tufahija

Menu makanan Lebaran asal Bosnia ini juga nggak kalah unik. Pasalnya, makanan favorit saat merayakan Idul Fitri ini terbuat dari apel rebus dan disiram menggunakan gula serta diberi taburan kacang kenari, kemudian biasa disajikan dengan sirup serta krim yang lembut.

Makanan di atas rata-rata berbentuk sederhana namun kaya akan rasa. Kalau Anda penasaran dengan rasa menu Lebaran dari berbagai negara yang mana?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -